Find Us On Social Media :

Paus Fransiskus Dukung Palestina Merdeka (2): Israel dan Palestina Harus Berkorban

By Ade Sulaeman, Senin, 26 Mei 2014 | 20:15 WIB

Paus Fransiskus Dukung Palestina Merdeka (2): Israel dan Palestina Harus Berkorban

Intisari-Online.com - Berdampingan dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas selama upacara penyambutan, dalam kunjungannya ke Bethlehem Minggu (25/5/2014), Fransiskus menyatakan, "Waktunya sudah tiba untuk mengakhiri situasi ini, yang telah menjadi semakin tidak dapat diterima." Sebuah kalimat yang menunjukkan Paus Fransiskus mendukung Palestina merdeka.

Israel dan Palestina, ujar dia, harus berkorban untuk mendirikan dua negara, dengan perbatasan yang diakui internasional berdasarkan kerja sama keamanan dan pemenuhan hak untuk semua orang.

Fransiskus mendesak pula Israel dan Palestina untuk menahan diri dari setiap tindakan yang akan menggagalkan perdamaian. Dalam sambutan balasannya, Abbas menyatakan keprihatinannya atas kegagalan upaya perdamaian beberapa waktu lalu. Abbas pun menyesalkan kondisi sulit yang harus dialami Palestina.

Dalam pidatonya, Abbas menyambut intervensi kepausan untuk perdamaian ini. "Kami menyambut setiap inisiatif dari Anda untuk membawa perdamaian menjadi kenyataan di Tanah Suci," ujar dia.

Sesudah pertemuan tersebut, dengan kendaraan beratap terbuka, Paus berhenti di tembok pemisah di Tepi Barat, yang mengelilingi Betlehem dari tiga sisi. Israel menyatakan bangunan itu adalah standar keamanan mereka.

Sebaliknya, orang Palestina menyatakan tembok itu telah mencaplok tanah mereka dan mematikan perekonomian Palestina. Fransiskus meletakkan tangannya di dinding, menundukkan kepala, dan mengucap doa singkat, dengan menyitir "Palestina merdeka". Sulit dipungkiri jika Paus Fransiskus mendukung Palestina merdeka. (kompas.com)

Baca juga:Paus Fransiskus Dukung Palestina Merdeka (1): Paus Datang Langsung dari YordaniaPaus Fransiskus Dukung Palestina Merdeka (3): Undangan Doa Bersama