Find Us On Social Media :

Hal Teknis yang Perlu Dipikirkan Sebelum Renovasi Rumah

By Birgitta Ajeng, Kamis, 29 Mei 2014 | 13:00 WIB

Hal Teknis yang Perlu Dipikirkan Sebelum Renovasi Rumah

Intisari-Online.com - Ada banyak hal rumit dan bersifat teknis yang sulit dilakukan sendiri saat merenovasi rumah. Karena itu, lebih baik renovasi rumah diserahkan kepada arsitek atau tukang. Berikut beberapa hal teknis yang perlu dipikirkan sebelum renovasi rumah.

1. Struktur Bangunan

Pondasi, balok penyangga, atau tiang-tiang beton merupakan bagian struktur bangunan yang tak boleh diabaikan. Memasangnya dengan cara asal-asalan tentu bisa membahayakan rumah. Kesalahan pemasangan juga akan menyebabkan proses pembangunan menjadi terhambat. Pemasangan bagian-bagian ini sebaiknya dilakukan oleh profesional yang mengetahui cara pemasangan yang benar dan tepat. Misalnya, arsitek atau kontraktor profesional.

(Baca juga: 5 Ucapan Pria Selingkuh dan Tip Menghadapinya)

2. Instalasi Listrik

Pemasangan instalasi listrik yang tidak sempurna juga bisa membawa risiko sendiri. Meski Anda terbiasa memasang stop kontak atau lampu, memasang instalasi listrik untuk sebuah rumah butuh keahlian tersendiri. Jika Anda tak yakin dengan kemampuan Anda atau tukang dalam memasang instalasi listrik, ada baiknya panggil penyedia jasa profesional.

3. Atap

Atap merupakan salah satu bagian rumah yang butuh perhatian. Anda tak bisa memasangnya begitu saja. Komponen-komponen penyusun atap antara lain struktur atap (rangka atap dan penopang rangka atap), penutup atap (genteng, polycarbonate ), dan pelengkap atap (talang dan lisplang). Perhitungkan juga berapa waktu yang Anda butuhkan karena ini harus selesai tepat waktu. Selain faktor cuaca yang bisa berpengaruh, biaya pun bisa membengkak jika waktu pengerjaan molor.

4. Saluran Air dan Pembuangan

Nah, ini salah satu bagian rumah yang tampaknya sepele tapi juga sangat penting. Pernah, kan, Anda mengalami saluran pembuangan mampet dan bingung bagaimana memperbaikinya? Oleh karena itu, pemasangan pipa-pipa saluran air dan pembuangan harus tepat dan benar.

Jika tidak, bisa-bisa rumah tergenang air akibat saluran pembuangan yang mampet. Mengganti keran air kamar mandi mungkin bisa Anda lakukan sendiri, tapi memasang pipa-pipa saluran air dan pembuangan tentu tidak sesederhana memasang keran air. Jadi, sebaiknya panggil saja tenaga profesional untuk memasangnya.

5. Kayu