Find Us On Social Media :

6 Masalah yang Sering Timbul di Kamar Mandi

By Birgitta Ajeng, Rabu, 4 Juni 2014 | 08:00 WIB

6 Masalah yang Sering Timbul di Kamar Mandi

Intisari-Online.com - Kamar mandi yang basah dan lembap kerap menjadi “rumah” sangat aman bagi kuman, bakteri, lumut, jamur, dan serangga. Ada enam masalah yang sering timbul di kamar mandi gara-gara kondisinya yang jarang kering.

1. Pintu kamar mandi berbahan kayu mudah berjamur

Sebetulnya jodoh pintu berbahan kayu adalah kamar mandi kering. Tapi kalau sudah terlanjur memakai pintu berbahan kayu untuk kamar mandi basah, Anda bisa mencegah tumbuhnya jamur dengan mengelap pintu menggunakan kain yang sudah dibasahi alkohol berkadar 70%-80%. Lap sampai bersih. Kalau sudah kering, silakan dilap kembali. Prosesnya tidak akan lama karena alkohol cepat menguap. Sifat alkohol ini pun sangat membantu menjaga kelembapan pintu kayu.

2. Cermin mudah berkerak dan berjamur

Kondisi ini tentu sangat menjengkelkan karena menganggu Anda ketika mematut diri. Noda-noda di cermin biasanya muncul akibat udara yang lembap, apalagi jika kamar mandi di rumah tidak memiliki ventilasi.

Jangan menyentuh noda atau kotoran yang mengerak di cermin! Sebab keduanya dapat menjadi sumber penyakit. Untuk membasminya, Anda bisa menyemprotkan cairan yang mengandung metanol ke cermin. Lalu lap cermin menggunakan kain kering.

Selain itu, Anda bisa membersihkan cermin dengan menyemprotkan larutan cuka. Sediakan ¼ cangkir cuka kemudian campur dengan 1 liter air. Setelah itu lap cermin sampai bersih. Sebelum disemprot cairan cuka, cermin harus dilap terlebih dahulu menggunakan kain yang dibasahi dengan air. Penerapan ini lebih baik daripada mengelap cermin menggunakan sabun.

(Baca juga: 5 Langkah Mengakali Dapur Sempit)

Noda atau kotoran yang mengerak di kaca juga bisa dibersihkan menggunakan serabut baja. Gosoklah secara perlahan agar tidak meninggalkan bekas goresan. Untuk membersihkan bagian pinggir cermin, Anda bisa menggunakan kayu runcing yang dibalut serabut baja. Cungkil dengan posisi kayu 300. Berhati-hatilah saat membersihkan tepian cermin. Jangan basahi serabut baja sebab dapat menimbulkan karat baru.

Setelah dibersihkan, lap cermin meng-gunakan kain kering. Ulangi prosesnya dari awal sampai kerak dan noda hilang.

3. Lumut di area lantai kamar mandi.

Masalah yang seriung terjadi di kamar mandi lainnya disebabkan oleh lumut. Lumut datang karena kamar mandi lembap dan jarang terpapar sinar mata-hari. Tapi jangan khawatir, Anda bisa mengusirnya dengan menyiram air kapur ke lantai kamar mandi. Biarkan air kapur mengendap selama semalam. Syahdan keesokan paginya baru Anda bisa me-nyikat lantai kamar mandi.

4. Lumut di bak air

Anda bisa mem-bersihkannya dengan menggunakan campuran cuka dan soda. Larutan tersebut dibalur di setiap sisi dinding bak air. Kemudian gosok bak mandi. Usai menggosok, siram bak air dengan air.

(Baca juga: Anak Belajar Organisasi dari Warna)

5. Kecoak di kamar mandi

Taruh saja segenggam biji bunga lavender dalam botol kaca atau bunga melati kering dengan garam laut untuk mengusir kecoak. Letakkan benda-benda tersebut di samping kloset.

6. Sink di kamar mandi sering macet

Caranya mudah, masukkan secangkir garam dan bikarbonat soda ke dalam mulut saluran pipa sink, lalu siram dengan air panas yang baru mendidih. Hal ini bermanfaat untuk membebaskan sink dari lemak-lemak yang melekat.

Nah, itu tadi enam masalah yang sering timbul di kamar mandi. Semoga bermanfaat.

---

Tulisan ini ditulis di Majalah Intisari Edisi Extra Inspirasi Cerdas Rumah & Keluarga 2014 dengan judul asli Tips Praktis Bebersih Rumah.