Find Us On Social Media :

Difabel Berdiri, Foto Kontroversial di Piala Dunia 2014

By Ade Sulaeman, Senin, 23 Juni 2014 | 20:30 WIB

Difabel Berdiri, Foto Kontroversial di Piala Dunia 2014

Intisari-Online.com – Apa tanggapan Anda ketika melihat seseorang yang berpura-pura lumpuh demi meraih keuntungan? Kira-kira itulah cerita di balik foto kontroversial di Piala Dunia 2014, Brasil.

Sebuah foto yang diambil dan diunggah salah satu penonton pertandingan Piala Dunia 2014 menunjukkan seorang wanita pendukung tim sepakbola Brasil bertepuk tangan sambil berdiri di depan kursi roda.

Foto kontroversial di Piala Dunia 2014 yang diduga diambil pada pertandingan Brasil melawan Meksiko (17/06) tersebut menyebar di media sosial.(Baca juga: Hal Unik di Piala Dunia 2014, yang Tak Belum Pernah Ada di Piala Dunia Sebelumnya

Selanjutnya sudah diduga, beragam komentar negatif karena menganggap wanita dalam foto tersebut sebagai penipu. Meski adapula yang membela dengan mengatakan bahwa penyandang disabilitas terkadang memang bisa berdiri sendiri.

Brasil sendiri memang memiliki peraturan untuk menyediakan setidaknya satu persen tiket Piala Dunia 2014 bagi para penyandang disabilitas. FIFA sendiri menerapkan syarat sertifikat medis bagi penyandang disabilitas yang akan mengambil tiket mereka.

Untuk itu, meski belum memastikan keaslian foto tersebut, FIFA mengecam foto kontroversial di Piala Dunia 2014 tersebut. “Kami sangat mengecam setiap upaya untuk secara sengaja menggunakan tiket khusus yang disediakan buat para difabel tetapi dipakai masyarakat umum,” tutur seorang juru bicara FIFA yang tidak ingin disebutkan namanya.

Lebih lanjut, juru bicara FIFA tersebut juga menyatakan “FIFA meminta para pendukung untuk menghormati dan hanya meminta kursi untuk para difabel jika mereka memenuhi syarat untuk itu.” (kompas.com)