Find Us On Social Media :

Jokowi Membacakan Pesan Jenderal Sudirman Sebagai Pernyataan Penutup Debat Kandidat Ketiga

By Birgitta Ajeng, Senin, 23 Juni 2014 | 19:30 WIB

Jokowi Membacakan Pesan Jenderal Sudirman Sebagai Pernyataan Penutup Debat Kandidat Ketiga

Intisari-Online.com - Di sesi akhir debat kandidat ketiga di Hotel Holiday Inn, Jakarta, Minggu (22/6/2014), Jokowi menyampaikan pesan Jenderal Sudirman sebagai pernyataan penutup.

Seperti yang ditulis Kompas.com, Jokowi menyampaikan pesan Jenderal Sudirman itu saat menyinggung tentang perubahan kondisi geopolitik dan ekonomi yang mulai bergeser dari barat ke Asia. Jokowi mengatakan, Indonesia berada di tengah-tengahnya dan tepat berada di tengah dua samuder yakni samudera Pasifik dan samudera Hindia

(Baca juga: Proses Selingkuh (1): Fase Praselingkuh)

Karena itu, Jokowi menyatakan, dirinya bersama JK akan membangun negara kemaritiman yang kuat. Jokowi mengatakan, Indonesia perlu menjadi poros maritim sehingga bisa dihormati negara lain. "Saya ingin bacakan apa yang disampaikan Jenderal Sudirman, beliau mengatakan bahwa satu-satunya yang dimiliki republik ini yang tidak berubah-ubah hanya angkatan perang," ujar Jokowi sambil melihat ke arah kertas yang disiapkannya, berdasarkan hasil pantauan Kompas.com.

(Baca juga: 6 Tips Melawan Rasa Tak Nyaman)

Dalam debat kandidat ketiga yang diadakan pada malam hari, Prabowo dan Jokowi dipertemukan kembali untuk beradu argumentasi seputar isu politik internasional dan ketahanan nasional. Hikmahanto Juwana adalah moderator debat ini. Jokowi menyampaikan pesan Jenderal Sudirman sebagai pernyataan penutup. Setelah debat ini, debat kandidat keempat giliran calon wakil presiden Hatta Rajasa dan Jusuf Kalla yang akan bertarung membahas permasalahan kesehatan dan teknologi. (Kompas.com)