Find Us On Social Media :

Pemilihan Jenis Lengan pada Kostum Piala Dunia

By Moh Habib Asyhad, Kamis, 10 Juli 2014 | 18:00 WIB

Pemilihan Jenis Lengan pada Kostum Piala Dunia

Intisari-Online.com - Untuk menghadapi suhu panas Brasil tidak cukup dengan asupan cairan, makanan, dan latihan intensif saja. Pemilihan lengan pada kostum Piala Dunia juga penting. Oleh sebab itu, jangan heran jika melihat beberapa pemain menggunakan lengan panjang, beberapa yang lain mengenakan lengan pada kostum timnasnya.

Tim Stedman dari Puma menjelaskan, ada teknologi serap-lembab (moisture-wicking technology). Teknologi ini bertujuan untuk mengatasi kasus lama: kostum menjadi sangat berat jika terkena cucuran keringat pemain yang memaikainya.

Dengan teknologi serap-lembab, kaus tidak lagi menyerap keringat, tetapi mengeluarkannya dari tubuh pemain sehingga keringat menguap lebih cepat.(Baca juga: Jerman Juara Piala Dunia 2014

“Pakaian yang ketat akan membantu oksigensi otot dan menambah stamnia. Lengan panjang atau pendek, bergantung pada pilihan masing-masing pemain,” ujar Stedman.

Tidak hanya Puma, perusahaan aparel Jerman, Adidas, juga memiliki teknologi serupa. Namanya climachill yang didesain untuk mendinginkan tubuh dengan menambah materi titanium. Hasilnya, kaus menjadi lebih ringan. Holger Valtin, Direktur Desain Kostum Internasional Adidas, menyebut, kaus yang ringan dan bisa mengatur suhu tubuh tetap dingin umumnya banyak diinginkan oleh pemain sepakbola.(Baca juga: Akhirnya, Piala Dunia 2014 Memakan Korban

Dengan teknologi-teknologi tersebut, sebagian pemain lebih memilih kaus berlengan panjang ketimbang kaus berlengan pendek pada kostum Piala Dunia 2014 mereka.

“Dengan teknologi pendingan dan material yang memudahkan kulit bernapas, tubuh dan kulit akan lebih nyaman ketika tertutup baju,” ujar Ben Goldhagen, Senior PR Adidas.

Teknologi serupa juga diyakini sangat membantu ketika para pemain bertanding di Piala Dunia 2022 Qatar. Suhu udara di negara teluk itu bisa mencapai 45 derajat celsius. Dengan memilih kostum Piala Dunia berlengan panjang, lebih banyak bagian tubuh yang tertutup sehingga terasa lebih adem.