Find Us On Social Media :

Bersifat Terbuka, Validitas Kawalpemilu.org Tinggi

By Ade Sulaeman, Senin, 21 Juli 2014 | 20:15 WIB

Bersifat Terbuka, Validitas Kawalpemilu.org Tinggi

Intisari-Online.com - Pusat Kajian Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia mengatakan, validitas kawalpemilu.org tinggi bakan dibanding quick count partai politik.

Hal ini disebabkan situs penghitungan pemilu yang berasal dari masyarakat (crowdsource) bersifat terbuka.(Baca juga: Quick Count Bisa Buktikan Kalau KPU Curang

"Untuk data ini lebih robust karena ini mengukur data populasi, bukan sampel. Meskipun data masuk 97 persen, ini sudah stabil dan mustahil berubah kecuali ada 'upaya lain' di luar aspek pengukuran," kata Manajer Riset Puskapol UI, Dirga Ardiansa, melalui pesan elektronik, Senin (21/7/2014).

Dia menjelaskan, penghitungan dari C1 hingga DB1 oleh masyarakat dengan mekanisme yang terbuka adalah data yang tingkat validitasnya lebih tinggi. Hal itu, kata dia, disebabkan karena ada proses validasi berlapis dan triangulasi data. Itulah yang menyebabkan valitditas kawalpemilu.org tinggi.

"Tentu saja hasil crowdsource konsisten dengan hasil quick count baik dari segi validitas (akurasi) dan realiabilitas (keandalan) yang menempatkan pada angka keunggulan Jokowi-JK pada rentang 52-53 persen, sementara Prabowo-Hatta pada 48-47 persen," tulisnya.

Sementara itu, Dirga menuturkan, penghitungan CI yang dilakukan partai politik seperti Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memiliki potensi bias yang tinggi. Pasalnya, mereka tidak membuka opsi keterlibatan lain, dalam hal ini adalah masyarakat.(Baca juga: Inilah Alamat Situs Web Lembaga Survei yang Menggelar Quick Count Pilpres 2014

Dengan demikian, Dirga mengatakan, Komisi Pemilihan Umum saat ini memiliki dua data yang valid. Pertama, hasil quick count tujuh lembaga survei yang kredibel dan teruji. Kedua, data crowdsource penghitungan C1 hingga DB1 dari KPU.

"Maka, dalam konteks demokrasi inilah data resmi untuk mengawal hasil resmi KPU sebagai data kontrol dalam demokrasi yang sehat," tandas staf pengajar Ilmu Politik UI ini.

Validitas kawalpemilu.org yang tinggi tersebut bisa membantu Anda mencari sumber perhitungan suara yang terpercaya. (kompas.com)