Find Us On Social Media :

Lionel Messi Pro Zionis, Isu yang Dibuat-buat

By Moh Habib Asyhad, Rabu, 23 Juli 2014 | 20:15 WIB

Lionel Messi Pro Zionis, Isu yang Dibuat-buat

Intisari-Online.com - Akhir-akhir ini media masa tengah diramaikan oleh foto-foto bintang sepakbola asal Argentina Leonel Messi yang seolah berdoa di tembok ratapan di Yerusalem. Tidak hanya itu, Messi juga dikabarkan telah menyumbang kepada Israel sebesar 1 juta euro (kira-kira Rp20 miliar).  Sontak, komentar muncul dari para pengguna media sosial terkait, juga beberapa situs web, yang menyebut Lionel Messi pro Zionis.

“Dalam konteks Internasional sekarang ini, di mana tentara Israel telah menewaskan lebih dari 573 orang di Gaza, informasi ini mencoreng citra pesepakbola tersebut,” tulis Islampos.com, provokatif. Tidak lupa, media-media tersebut juga menyebut Messi pro Zionis.

Tapi apakah benar demikian Lionel Messi pro Zionis?

Mari mundur sejenak, kira-kira satu tahun dari sekarang. Sekitar bulan Agustus 2013, rombongan klub FC Barcelona, termasuk di dalamnya adalah Messi, datang ke Israel untuk misi perdamaian Israel-Palestina. Dilansir oleh situs Fcbarcelona.com, dalam kunjungan tersebut, setidaknya ada 15 ribu orang hadir termasuk anak-anak, baik dari Israel maupun dari Palestina. .(Baca: Ahed Tamimi, Tangan Kosong Meninju Tentara Israel

Situs Zimbio.com menyebut, kunjungan itu berlangsung selama dua hari. Selain ke Israel, Messi juga ke Tepi Barat, Palestina. Ketika berada di Tel Aviv, skuat Barcelona melakukan laga eksebisi melawan tim yang diperkuat oleh pemain-pemain Israel dan Palestina.

Sementara foto kontroversial yang seolah-olah menggambarkan Messi tengah berdoa di Tembok Ratapan, sejatinya, menurut Zimbio.com, Messi tengah memasukan kertas yang berisi permohonan ke celah-celah tembok tersebut. .(Baca: Lontaran Roket Rakitan Berbalas Serangan Udara

Karena kebetulan saat ini Israel sedang gencar-gencarnya melalukan agresi ke Jalur Gaza, Palestina, maka foto-foto tersebut dikait-kaitkan seolah-seolah foto itu baru saja terjadi.

Maka, isu Lionel Messi pro Zionis hanyalah isu yang dibuat-buat.