Find Us On Social Media :

Indonesia Kotori Kesucian Fuji

By Moh Habib Asyhad, Kamis, 7 Agustus 2014 | 20:15 WIB

Indonesia Kotori Kesucian Fuji

Intisari-Online.com - Rasanya ini patut disesalkan. Sebuah tulisan “INDONESIA” kotori kesucian Fuji. Tulisan yang berbentuk grafiti itu mencoreng batu besar di atas Gunung Fuji atau Fujiyama, Jepang. Hal ini langsung mendapat keluhan dari warga Jepang dan melaporkannya ke Badan Kebudayaan Jepang.

Koran lokal Jepang melaporkan kejadian ini dengan judul bombastis, “Serangan Kesucian Gunung”. Untuk diketahui, sejak 22 Juni 2013, gunung aktif dengan ketinggian 3.776,24 meter di atas permukaan laut ini ditetapkan sebagai Warisan Budaya UNESCO (World Heritage).(Baca juga: Pemerintah Jepang Sediakan Wi-Fi Gratis untuk Turis

Coretan grafiti tersebut ditemukan ditemukan di tiga tempat jejak 3.500 mdpl dekat muara Gunung Fuji. Pada jejak jalan Fujinomya yang merupakan bagian dari konfigurasi aset warisan dunia, grafiti tersebut ditulis dengan warna oranye terang.

Kejadian ini sendiri segera dilaporkan kepada Badan Urusan Kebudayaan. Beberapa  pihak berharap,upaya penghapusan itu bisa berlangsung sebelum tanggal 8 Agustus 2014.

Tulisan “INDONESIA” berwarna oranye itu tertulis di megalitik dengan panjang huruf sekitar 80 cm. Tidak hanya satu, grafiti yang sama juga ditemukan di tiga lokasi. Di atas tulisan “INDONESIA” tertera tanda panah putih sebagai tanda arah perjalanan para pendaki.

"Serangan kesucian Gunung Fuji, yang menjadi warisan dunia sebagai obyek iman, dan ketidaknyamanan untuk para pendaki sangatlah disayangkan," tulis Shizuoka Shimbun.(Baca juga: 8 Tips Mendaki Gunung

Otoritas kantor teknik sipil Provinsi Yamanashi yang dianggap paham seluk beluk bahan kimia akan berusaha menghaspus grafiti “INDONESIA” yang kotori kesucian Fuji tersebut sebelum masa liburan musim panas di Jepang datang. Di mana jumlah pendaki Gunung Fuji menignkat drastis. (Tribunnews.com)