Find Us On Social Media :

Saat Petani Berganti Profesi Menjadi Tukang Ojek

By Chatarina Komala, Jumat, 12 September 2014 | 20:30 WIB

Saat Petani Berganti Profesi Menjadi Tukang Ojek

Intisari-Online.com – Fakta mencengangkan mengungkap kecenderungan petani berganti profesi menjadi tukang ojek. Hal ini diungkap oleh Badan Pusat Statistik (BPS), yang menyebutkan, terjadi peralihan hampir 5 juta pekerja di sektor pertanian, ke berbagai sektor, seperti profesi tukang ojek dan supir taksi.

“Pindah ke sektor lain misalnya, sektor informal maupun formal. Bisa ke transportasi seperti ojek atau supir taksi,” ujar Suryamin, Ketua BPS.

Dalam sepuluh tahun terakhir, telah terjadi penurunan profesi petani hampir sebesar 5 juta petani, yakni dari 31,2 juta menjadi 26 juta. Penyebabnya, luas lahan yang digarap masih sangat kecil, yaitu berukuran kurang dari setengah hektar.

Luas lahan kecil ini lantas berimbas pada pendapatan petani yang relatif kecil. Akibatnya, terjadi kecenderungan petani berganti profesi menjadi tukang ojek atau profesi lain yang dianggap lebih menguntungkan. “Itu (pendapatan) dianggap tidak menguntungkan, makanya mereka beralih ke sektor lain,” kata dia. (Yoga Sukmana/ Kompas)