Find Us On Social Media :

The Adoration of The Magi Karya Leonardo Da Vinci Siap Dipamerkan Akhir Tahun 2015

By Chatarina Komala, Jumat, 26 September 2014 | 09:00 WIB

The Adoration of The Magi Karya Leonardo Da Vinci Siap Dipamerkan Akhir Tahun 2015

Intisari-Online.com - The Adoration of the Magi, sebuah lukisan karya Leonardo Da Vinci yang belum selesai kini mulai memperlihatkan keindahannya. Para ahli lukisan yang mengerjakannya mengatakan, mereka sudah berhasil merestorasi sekitar tiga per empat dari lukisan yang berukuran asli 2,46m x 2,43m ini. "Perspektif dari atasnya yang unik dan suasana Leonardo sudah amat jelas," kata Marco Ciatti, salah seorang pejabat yang mengawasi restorasi itu di Florence atau Firenze, Italia.

Lukisan ini dibuat oleh Leonardo saat masih berusia 29 tahun. Sayangnya, lukisan ini ia abaikan ketika pindah ke Milan pada tahun 1481.

Butuh waktu yang lamaSejak tahun 2011, The Adoration of the Magi, atau "Penyembahan Orang Majus", berada di sebuah laboratorium di Florence. Sementara itu, proses restorasinya sendiri harus menunggu penelitian seksama selama satu tahun. Tapi kini, hampir keseluruhan lukisan tersebut bisa dinikmati keindahannya. "Elemen-elemennya hanya dapat dilihat lewat sinar infra merah yang kini sudah bisa dilihat dengan mata telanjang," tambah Ciatti.

Dengan semakin banyaknya bagian lukisan yang bisa diungkap maka para ahli juga semakin bisa memahami bagaimana pelukis legendaris itu berkerja untuk karyanya tersebut. Setelah restorasi selesai, tim masih harus bekerja untuk memperbaiki bingkainya yang retak.

Diharapkan The Adoration of The Magi karya Leonardo Da Vinci siap dipamerkan akhir tahun 2015 di Galeri Uffizidi Florence. (BBC)