Find Us On Social Media :

Kelompok Pembela Perempuan Rainn Mengutuk Maroon 5 Terkait Videoklip Animals

By Ade Sulaeman, Selasa, 7 Oktober 2014 | 18:45 WIB

Kelompok Pembela Perempuan Rainn Mengutuk Maroon 5 Terkait Videoklip Animals

Intisari-Online.com – Kelompok anti kekerasan seksual The Rape, Abuse dan Incest National Network (Rainn) menilai videoklip terbaru grup band Maroon 5 sebagai “gambaran berbahaya dari fantasi penguntit”. Hal tersebut membuat Rainn mengutuk Maroon 5 terkait videoklip ‘Animals’.

“Tidak ada yang perlu meragukan tindakan menguntit dalam hubungan asmara termasuk tindakan kriminal,” tutur Rainn dalam sebuah pernyataan mereka kepara Billboard. “Penganggap remehan sebuah kejahatan serius, seperti menguntit, seharusnya tidak mendapatkan tempat di industri hiburan.”

Videoklip ‘Animals’ sendiri dirilis pada 29 September 2014. Disutradarai oleh Sam Meyer, videoklip tersebut dibintangi vokalis Maroon 5 Adam Levine sebagai tukang daging yang menguntit seorang pelanggannya.

Dia mengikuti sang pelanggan, menerobos masuk ke dalam rumah, dan berimajinasi berhubungan seks dengannya di tengah aliran darah. Pelanggan sekaligus korban tersebut tidak lain merupakan Behati Prinsloo, wanita yang baru saja menjadi istri Levine.

Rainn yang mengutuk Maroon 5 terkait videoklip ‘Animals’, juga mengkritisi lirik dari lagu ‘Animals’ yang dianggap seperti buku harian seorang penjahat seks. “Kamu tidak dapat menyangkal / binatang itu ada di dalam … Baby, aku memangsamu di malam ini / memburumu turun … kita saling bermusuhan / tapi kita kita bersama saat aku ada di dalam dirimu.”

Kritik dan kecaman terhadap videoklip ‘Animals’ juga datang dari berbagai pihak. Seorang pengguna  Twitter dengan akun @AmendaHeeld mencuit “Seperti inilah budaya perkosaan terlihat.” Sementara pengguna YouTube Elizabeth Young menulis “Saya sangat marah dengan apa yang dilakukan Adam Levine di videoklip ini.”

“Terlalu banyak wanita yang dipukuli, dibantai, dan dibunuh atas nama cinta seperti itu, dan menganggap perilaku mengintai sebagai simbol cinta tidak dapat dibenarkan. … Mereka meneror wanita yang terlihat seksi,” tutur Jessice Valenti di Guardian.

Sampai berita ini diturunkan, belum ada tanggapan dari pihak Maroon 5 terhadap pernyataan Rainn mengutuk Maroon 5 terkait videoklip ‘Animals’. (theguardian.com)