Find Us On Social Media :

Pemerintah Malaysia Yakin Malaysia Airlines MH370 dapat Ditemukan

By Ade Sulaeman, Kamis, 23 Oktober 2014 | 20:15 WIB

Pemerintah Malaysia Yakin Malaysia Airlines MH370 dapat Ditemukan

Intisari-Online.com - Pemerintah malaysia yakin pesawat Malaysia Airlines MH370 dapat ditemukan. Hal ini seiring dengan dengan mulai berjalannya tahap pencarian bawah air yang baru.

Menteri Pertahanan Datuk Seri Hishammuddin Hussein mengatakan dengan digunakannya perangkat pencarian yang paling canggih untuk mencari di daerah baru, kini hanya masalah waktu kapan Boeing 777-200ER ditemukan yang belum terjawab.

“Jika area pencarian telah ditentukan, maka kami 99,9 persen optimis (bahwa pesawat akan ditemukan),” ujar Hussein.

Hussein juga menegaskan besarnya komitmen Malaysia dalam mencari pesawat nahas tersebut. Salah satunya terlihat dengan terus diperluasnya wilayah pencarian. Sebuah upaya yang membuat pemerintah Malaysia yakin Malaysia Airlines MH370 akan ditemukan.

Hal tersebut disampaikan saat peluncuran kapal Go Phoenix dan Prosas Side Scan Sonar dalam pencarian MH370. Dipasangnya Sonar pada Go Phoenix akan memaksimalkan wilayah cakupan hingga kedalaman 6.000 meter dengan luas 194 km persegi, termasuk blind spots. Sebuah wilayah cakupan yang disamakan dengan luas Australia oleh para ahli.

Dalam peluncuran operasi yang dibiayai oleh Petrnonas tersebut, Hussein menuturkan keyakinannya bahwa suatu saat misteri ini akan terungkap.

“Kita tidak bisa menyerah ... kita harus terus berharap karena harapan adalah semua yang kita miliki .. Kita akan menemukan MH370,” tutur Hussein.

Sementara itu, wakil presiden Petronas Malaysia Petroleum Management, Adif Zulkifli mengatakan kontribusi perusahaan untuk pencarian adalah bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan.

“Total dana sebesar 67 juta ringgit Malaysia untuk kapal pencarian Go Phoenix dan penggunaan sonar merupakan kontribusi yang bisa kami lakukan,” papar Zulkifli.

Dukungan terhadap pemerintah Malaysia yang yakin Malaysia Airlines MH370 dapat ditemukan tersebut diharapkan dapat “membongkar” misteri keberadaan pesawat yang hilang pada 8 Maret 2014. (nst.com.my)