Find Us On Social Media :

Negara-negar Nordik, Wilayah Paling Ramah dengan Persamaan Gender

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 4 November 2014 | 10:00 WIB

Negara-negar Nordik, Wilayah Paling Ramah dengan Persamaan Gender

Intisari-Online.com - World Economic Forum (WEF) mengeluarkan laporan terbaru tentang Global Gender Gap Index. Analisis kesenjangan gender yang melibatkan 142 negara ini menampilkan negara-negara Nordik (Islandia, Finlandia, Norwegia, Swedia, dan Dermark) sebagai wilayah paling ramah dengan persamaan gender.

Posisi satu sampai lima secara berturut-turut ditempati oleh Islandia, Finlandia, Norwegia, Swedia, dan Denmark.

Catatan istimewa diperoleh oleh Islandia. Bagi negara pulau yang terletak di Atlantik Utara itu, ini adalah raihan keenamnya. Sebagai catatan, indeks ini lebih menyoroti kepada kesenjangan laki-laki dan perempuan tehadap sumber daya dan kesempatan bekerja alih-alih ketersediaan sumber daya itu sendiri.

Hal lain yang cukup mencengangkan adalah munculnya nama Rwanda di daftara 10 besar. Negara republik yang terletak di kawasan Afrika Tengah ini menempati urutan ketujuh. Negara ini dipuji karena proporsi tinggi perempuan yang ada di parlemen Republik Rwanda. Amerika Serikat naik dari peringkat 23 pada 2013 menjadi 20. Sementara Inggris meluncur ke peringkat 26 setelah pada 2013 berada di peringkat 18.

Di mana Indonesia? Negara kepulauan yang kita banggakan ini berada di peringkat 97. Masih kalah jauh dengan Filipina yang berada di peringkat 9, sebagai negara paling ramah dengan persamaan gender.

Negara dengan kesenjangan laki-laki dan perempuan dipegang oleh Yaman. Negara Timur Tengah ini memiliki catatan kurang baik terkait kekerasan terhadap perempuan, juga tidak tegasnya hukum yang mengatur pernikahan anak.

Angkat topi untuk negara-negara Nordik. Untuk lebih lengkapnya, berikut negara-negara paling ramah dengan persamaan gender: