Find Us On Social Media :

Terjual Rp293 Miliar, Henry Graves Jr. Supercomplication dari Patek Philippe Jadi Jam Termahal di Dunia

By Ade Sulaeman, Rabu, 12 November 2014 | 19:15 WIB

Terjual Rp293 Miliar, Henry Graves Jr. Supercomplication dari Patek Philippe Jadi Jam Termahal di Dunia

Intisari-Online.com - Sebuah jam saku buatan Swiss menembus rekor harga jam termahal di dunia setelah terjual seharga AS$24 juta (sekitar Rp293 miliar). Jam saku yang dinamai Henry Graves Jr. Supercomplication dari Patek Philippe dilelang di lelang Sotheby di Jenewa, Selasa (11/11/2014) waktu setempat.

Henry Graves Jr. Supercomplication menjadi jam termahal di dunia setelah seorang bankir New York berhasil memenangi persaingan dengan produsen mobil James Ward Packard dalam memperebutkan jam yang, menurut laporan Wall Stree Journal, dianggap paling rumit yang pernah di buat di abad ke-20.

Sotheby mengatakan bahwa dengan terjualnya jam yang dirancang oleh pembuat jam mewah Swiss Patek Philippe, maka “Jam tersebut membangun ulang status tertingginya sebagai jam paling berharga dalam sejarah lelang,” mengalahkan rekor AS$11 juta (sekitar Rp134 miliar) pada 1999.

Arloji Henry Graves Jr. Supercomplication yang menjadi jam termahal di dunia ini menawarkan 24 “komplikasi,” atau fitur, selain fungsi dasarnya sebagai penunjuk waktu.

Beberapa fitur yang dimaksud antara lain mampu menunjukkan fase bulan, saat matahari terbenam dan kalender abadi yang tidak perlu diatur ulang sampai tahun 2100. Perangkat ini memiliki 920 bagian individu, termasuk 430 sekrup, 110 roda dan 70 permata.

Berikut ini video penjelasan mengenai Henry Graves Jr. Supercomplication dari Patek Philippe yang jadi jam saku termahal di dunia:

(time.com)