Find Us On Social Media :

5 Cara Agar Mobil Anda Hemat Bahan Bakar

By Birgitta Ajeng, Selasa, 18 November 2014 | 18:15 WIB

5 Cara Agar Mobil Anda Hemat Bahan Bakar

Intisari-Online.com - Presiden Joko Widodo akhirnya memutuskan untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Seperti ditulis kompas.com, Jokowi memaparkan, harga premium ditetapkan dari Rp 6.500 menjadi Rp 8.500. Harga solar ditetapkan dari Rp 5.500 menjadi Rp 7.500. Untuk menyiasati kondisi tersebut, berikut ini adalah lima cara agar mobil Anda hemat bahan bakar.

1. Sesekali matikan AC mobil

Sesekali kita perlu mematikan AC mobil untuk menghemat bahan bakar. Hal ini bisa dilakukan ketika cuaca sedang terasa sejuk. Dengan mematikan AC dapat menghemat sekitar 25 persen pemakaian bahan bakar mobil kita. 2. Pastikan kondisi ban baik mengendarai sepeda dengan ban kempes tentu sangat sulit dan melelahkan. Begitu pula yang terjadi pada mobil. Ketika kondisi ban kurang baik, mesin berusaha bekerja lebih keras untuk menjalankan mobil. Oleh karena itu, kita perlu memeriksa ban sebulan sekali.

3. Jangan panaskan mobil terlalu lama

Salah besar jika Anda beranggapan bahwa mobil perlu dipanaskan dalam waktu yang cukup lama. Pemborosan bahan bakar dapat terjadi ketika memanaskan mobil terlalu lama. Sebetulnya mobil cukup dipanaskan selama 30 detik.

4. Perlu rajin service mobil

Selalu memastikan mobil dalam kondisi baik akan berdampak besar terhadap penggunaan bahan bakar. Semakin sering mobil di-service, maka akan semakin efisien penggunaan bahan bakarnya.

5. Cobalah untuk tidak ngebut

Pemakaian bahan bakar akan lebih boros kalai kita ngebut saat mengendarai mobil. Ini memang tidak mudah, apalagi kalau sedang terburu-buru. Namun kita bisa mencoba sejak sekarang.

Nah, itu tadi lima cara agar mobil Anda hemat bahan bakar. Semoga bermanfaat. (CBC News)