Find Us On Social Media :

Datar Atau Tinggi Sama Berbahayanya

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 24 Juli 2013 | 06:00 WIB

Datar Atau Tinggi Sama Berbahayanya

Intisari-Online.com – Sepatu datar atau sepatu tanpa hak adalah salah satu jenis terpopuler dari sepatu. Selain bentuknya yang sederhana, sepatu ini dianggap lebih nyaman daripada sepatu hak tinggi. Jika ditelaah lebih dalam, ternyata sepatu datar ini sama bahayanya dengan sepatu hak tinggi.

Seperti dilansir genius of beauty, ahli ortopedi menyarankan agar wanita tidak setiap hari mengenakan sepatu datar. Soalnya, sol tipis pada sepatu dapat mengurangi datarnya kaki. Ketika kita berjalan dengan sepatu ini, otot-otot, tendon, pembuluh darah, dan sendi tiga kali lipat menahan beban. Konsekuensi nyata saat mengenakan sepatu datar ini tubuh akan mengalami kram, nyeri otot, masalah punggung, nyeri lutut, dan kaki yang melengkung. Akan lebih buruk lagi dengan bertambahnya usia.

Untuk menghindari hal tersebut, tentu saja tidak lantas menyingkirkan sepatu datar Anda. Hanya saja, jangan gunakan sepatu datar setiap hari. Para ahli menyarankan, belilah sepatu dengan hak rendah sekitar 2 – 3 cm untuk mendukung kenyamanan kaki Anda.

Jadi, Anda bisa memakai sepatu secara bergantian antara sepatu datar dan sepatu berhak rendah tersebut. (*)