Find Us On Social Media :

Air Bersih Tersedia, Tubuh Lebih Tinggi

By Mohamad Takdir, Senin, 5 Agustus 2013 | 16:00 WIB

Air Bersih Tersedia, Tubuh Lebih Tinggi

Intisari-Online.com - Akses ke air bersih dan sabun tidak hanya membantu kesehatan serta kebersihan badan, tapi juga pertumbuhan anak-anak. Sebuah ulasan akan data global menunjukkan bahwa anak-anak yang rumahnya memiliki air bersih serta menggunakannya dengan baik, tinggi badan mereka 0.5 cm lebih tinggi daripada anak-anak yang rumahnya tidak memiliki air bersih sama sekali.

Data global tersebut merupakan data mengenai anak-anak yang tinggal di Banglades Bangladesh, Ethiopia, Nigeria, Chili, Guatemala, Pakistan, Nepal, Afrika Selatan, Kenya dan Kamboja yang disampaikan oleh Cochrane Review.

Penelitian ini meneliti 10 ribu anak-anak dan dipimpin oleh London School of Hygiene & Tropical Medicine (LSHTM) serta international charity WaterAid. Dr Alan Dangour, ahli kesehatan di LSTHM menyatakan bahwa air bersih yang higienis adalah cara efektif mengurangi resiko kematian balita dari diare yang umumnya menyerang anak-anak.

Akses pada air bersih berpengaruh, walau sedikit, pada pertumbuhan anak-anak. Jika anak sering sakit, maka akan mempengaruhi pertumbuhannya. Air bersih juga mengurangi resiko terkena penyakit kulit, alergi serta diare yang sangat rentan menyerang anak-anak.

Jumlah setengah sentimeter untuk tinggi badan anak-anak mungkin terdengar tidak banyak tapi dari hasil penelitian ini ditemukan penurunan akan jumlah stunting (pendek) sebanyak 15% yang sangat penting.

Buruknya sanitasi dan stunting mempengaruhi 165 juta anak di seluruh dunia, membuat mereka beresiko untuk mati lebih cepat serta mengurangi produktivitas di masa dewasa menurut WHO. Nutrisi buruk juga menyebabkan kematian 3,1 juta anak di bawah lima tahun setiap tahunnya.

Salah satu organisasi yang bekerja untuk memajukan akses pada air bersih adalah WaterAid International yang beroperasi di 26 negara. Selain itu WaterAid juga menyelenggarakan penyuluhan sanitasi dan air bersih. (BBC)