Find Us On Social Media :

Partisipasi Budaya Bagus Buat Kesehatan

By Moh Habib Asyhad, Rabu, 21 Agustus 2013 | 17:00 WIB

Partisipasi Budaya Bagus Buat Kesehatan

Intisari-Online.com - Commenwealth Game sebentar lagi akan digelar. Seluruh negara pesemakmuran Inggris akan berbondong-bondong datang ke Skotlandia, yang ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan. Selain antusiasme yang cukup tinggi, ada hal lain yang juga menarik untuk dicermati. 

Saat pembelian tiket berlangsung, panitia juga membagikan semacam angket bagi para pembeli terkait kadar kesehatan masyarakat Skotlandia secara umum. Dari situ ditemukan bahwa mereka yang senang berpartisipasi dalam acara budaya dan olahraga lebih sering melaporkan keseharannya daripada mereka yang tidak.

Sebelumnya, pada 2011 pemerintah Skotlandia, berdasarkan Survei Rumah Tangga 2011, mengemukakan bahwa kegiatan seperti menari, membaca, dan pergi ke teater memiliki “dampak positif”, terutama dalam bidang kesehatan fisik dan pikiran. Laporan ini tentu saja tidak memandang faktor umur, kelas sosial, status ekonomi, pendidikan, yang cacat atau bukan, semuanya termasuk dalam hitungan.

Adapun temuan terbaru mengatakan:

Sekretaris Kebudayaan Skotlandia, Fiona Hyslop, mengatakan, “Mulai muda, seharusnya harus didorong untuk terlibat dalam kegiatan kebudayaan.” Ia juga menambahkan, bahwa saat ini, pemerintah Skotlandia juga telah mengeluarkan banyak biaya untuk kegiatan-kegiatan kebudayaan seperti Scottish Book Trust, Bookbug, Royal Scottish National Orchestra's Astar CD, dan lain sebagainya.

Itu semua, semata-mata agar masyarakat Skotlandia memiliki tingkat kesehatan yang lebih baik dari sebelumnya. (BBC News Scotland)