Find Us On Social Media :

Pertolongan dari Kamar Mandi, Bisa Menentukan Hidup dan Mati

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 17 September 2013 | 09:10 WIB

Pertolongan dari Kamar Mandi, Bisa Menentukan Hidup dan Mati

Intisari-Online.com - Kecil-kecil cabe rawit. Jangan pernah meremehkan peran kotak kecil yang biasanya ditaruh di pojokan kamar mandi. Meskipun kecil (kotaknya), tapi manfaatnya cukup besar. Itulah kotak Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K). Bahkan, dalam kasus tertentu, ketersediaan kotak ini bisa menentukan hidup dan mati seseorang.

Ia akan menjadi aktor utama dalam rumah. Saat ada masalah-masalah kesehatan serius yang datang tak diundang, kotak kecil ini akan menjadi perhatian utama. Tapi, terkadang kotak kecil ini hanya sekadar kotak teronggok yang kosong tak ada isi.

Alat-alat untuk perawatan luka gores, luka bakar, dan luka potong, merupakan menu paling penting yang harus ada di kotak ini. Alasannya karena luka-luka jenis ini termasuk yang paling sering disumpai, Misalnya tiba-tiba tergores besi pintu, ergores pisau saat memetong buah; alkohol, antiseptik. Selain itu, kain kasa juga tak boleh dialpakan di kotak P3K.

Kelompok penting lainnya adalah obat-obat sakit kepal, migren, serta penghilang rasa sakit. Beberapa jenis obat anti-imflammatory (NSAID) seperti ibuprofen (Advil atau Motrin) dan acetaminophen (Tylenol). Sakit kepala, demam, dan nyeri adalah penyakit paling umum. Sediakan juga dalam kotak Anda termometer dan aspirin.

Flu, pilek, dan alergi terkadang juga datang tiba-tiba, apalagi saat cuaca tidak bersahabat. Sering juga ketiganya saling tumpang tindih dalam waktu bersamaan. Siapkan beberapa penanganan sederhana dengan sirup, antihistamin, juga beberapa jenis obat batuk. Jika memang dibutuhkan, tambahkan beberapa elemen lain seperti: obat tetes mata, obat tidur, deodoran, resep obat, juga losen pelembab, obat sakit perut, diare, dan gangguan sembelit lainnya.

Untuk menjaga kotak P3K agar tetap siap, secara teratur periksa isinya untuk memastikan pasokan ada. Pastikan juga agar tidak kadaluarsa. Beberapa obat berbahaya buat anak, jadi jauhkan kunci dari anak-anak. Pastikan kotak Anda selalu bersih dan terjaga.

Intinya, tetap menjaga kelengkapan isi kotak P3K sangat bermanfaat bagi keluarga Anda, terutama saat ada luka ringan dan masalah kesehatan lainnya. Juga bisa memberi pengobatan sementara sebelum mendapatkan pengobatan profesional. (Symptomfind)