Find Us On Social Media :

Tips Mencegah Batuk-Pilek Saat Ibadah Haji

By Ade Sulaeman, Kamis, 19 September 2013 | 17:27 WIB

Tips Mencegah Batuk-Pilek Saat Ibadah Haji

Intisari-Online.com - Jemaah Haji rentan untuk terserang gangguan kesehatan, salah satunya batuk dan pilek. Setelah mengetahui berbagai penyebabnya, sekarang saatnya melakukan upaya pencegahan agar tidak terserang batuk pilek saat melakukan ibadah haji.

  1. Tingkatkan daya tahan tubuh disertai latihan fisik yang cukup. Misalnya dengan olahraga jalan pagi atau pada waktu luang yang tersedia sesuai dengan jadwal kerja anda, jalan kaki sekitar setengah sampai satu jam sehari.
  2. Untuk Anda yang punya penyakit menahun seperti diabetes atau penyakit tekanan darah tinggi, usahakan agar sebelum berangkat penyakit anda bisa  terkontrol dengan baik. Bawa juga obat untuk persediaan selama anda berada di sana nanti.
  3. Makanlah makanan yang bergizi, cukup kalori dan protein dalam jumlah yang sesuai. Khusus untuk penderita diabetes, sebelum berangkat, konsultasi dulu dengan dokter atau ahli gizi untuk menyesuaikan kebutuhan kalori yang tepat agar setara dengan kegiatan fisik yang dijalani.
  4. Minum juga harus cukup. Jaga jangan sampai anda menderita dehidrasi, karena tubuh anda akan menderita karena kekurangan cairan. Dehidrasi dapat membuat anda jadi lemas, tekanan darah anda turun dan sebagainya. Minum segelas air setiap dua jam akan dapat membantu anda terhindar dari dehidrasi.
  5. Istirahat dan tidur juga penting. Tidurlah yang cukup. Jangan memaksakan diri, jangan sampai tubuh anda terlalu lelah. Tubuh yang lelah mudah terserang penyakit. Tubuh anda juga perlu istirahat untuk memulihkan stamina.
  6. Jaga agar ruangan dan ventilasi kamar anda tetap bersih dan tidak pengap. Untuk tetap sehat anda perlu udara yang bersih.
  7. Kalau anda punya riwayat alergi terhadap sesuatu, usahakan sedapat mungkin menghindari alergen yang jadi penyebabnya. Memakai masker untuk menghindari debu saat berada di luar ruangan juga banyak membantu. Kecuali pada saat ada larangan untuk itu, misalnya pada saat ihram.

Semoga dengan melakukan persiapan yang baik, hingga dapat melaksanakan ibadah dengan baik pula.  Selamat berhaji.  Semoga mabrur. (dr. Lathifah Sati - Petugas Tenaga Kesehatan Haji Indonesia)