Find Us On Social Media :

Pangeran Harry Sempat Berjarak Hanya 6 Inci dari Kematian saat Bertempur di Afghanistan

By Agustinus Winardi, Sabtu, 2 Juni 2018 | 08:00 WIB

Intisari-Online.com - Sebagai anggota pasukan tempur satuan kavaleri Kerajaan Inggris (Household Cavalry), Pangeran Harry yang mahir mengendarai tank lapis baja pernah bertugas di medan tempur perbatasan Afghanistan-Pakistan pada 2007.

Kawasan perbatasan yang merupakan medan perang paling berbahaya itu juga dikenal sebagai daerah tanpa hukum sekaligus merupakan pasar senjata gelap.

Siapapun bisa membeli senjata di kawasan itu mulai dari senjata senapan mesin ringan hingga senjata rudal antitank yang bisa dipanggul (manpad).

Pasukan tank Harry yang bermarkas di daerah Garmsir dikomandani oleh Mayor Mark Millford dan bertugas untuk menghalau serangan frontal Taliban sekaligus melaksanakan misi patroli serta pengejaran.

Baca juga: Kelahiran Pangeran Harry Memicu Konflik antara Putri Diana dan Pangeran Charles, Ternyata Alasannya Sepele

Misi patroli menggunakan tank di jalanan perbatasan Afghanistan-Paskistan bagi pasukan kavaleri Inggris dan AS selama ini menjadi misi paling berbahaya karena kendaraan sering melindas peledak rakitan (Improvised Explosive Device/IED) yang dipasang Taliban.

Kendati merupakan peledak rakitan daya ledak IED sangat dahsyat sehingga bisa menghancurkan sebuah tank atau kendaraan militer khas AS, Humve.

Sebagian besar pasukan koalisi yang gugur dalam peperangan di Irak dan Afghanistan diakibatkan oleh IED dan bukan dalam baku tembak.

Oleh karena itu meskipun Pangeran Harry ketika bertugas di Garmsir menggunakan tank, resiko terbunuhnya justru lebih besar dibandingkan resiko pasukan infanteri yang bertempur di darat tanpa tank.

Baca juga: Tak Banyak yang Tahu, Ini Potret Perubahan Kehidupan Pangeran Harry Hingga Menjadi Pria yang Mengagumkan

Peristiwa yang nyaris membuat nyawa Pangeran Harry melayang memang hampir terjadi.

Suatu kali dalam misi patroli di perbatasan Pakistan-Afghanistan, tank yang dikendarai Pangeran Harry sebenarnya telah melintas di atas ranjau darat tapi ternyata tidak melindas bagian pemicunya.

Mengetahui ada ranjau yang tampak ‘nongol’ di bawah tank, Pangeran Harry dan para awak tank lainnya segera turun serta dievakuasi.