Find Us On Social Media :

Menyusui Kurangi Risiko Kematian Akibat Kanker

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 3 Oktober 2013 | 05:00 WIB

Menyusui Kurangi Risiko Kematian Akibat Kanker

Intisari-Online.com – Menyusui tidak hanya mendukung kesehatan bayi, tetapi juga sang ibu. Jika seorang ibu menyusui setidaknya untuk enam bulan, juga menurunkan risiko kematian akibat kanker, demikian menurut penelitian baru. Selain kanker, risiko kematian akibat penyakit jantung dan stroke juga menurun sebesar 17 persen.

Sebanyak 380.000 orang di sembilan negara Eropa dilibatkan dalam penelitian ini. Selama 12 tahun, mereka mengikuti saran dari World Cancer Research Fund/American Institute for Cancer Research (WCRF/AICR) cenderung menurunkan risiko kematian karena sakit sebesar 34 persen.

Saran tersebut termasuk mempertahankan berat badan yang sehat, aktif, mengurangi makanan dan minuman berlemak, membatasi konsumsi daging dan alkohol, dan menyusui selama enam bulan.

“Ada hubungan yang erat antara saran kesehatan WCRF/AICR dan kesempatan kecil meninggal akibat penyakit,” kata Dr Teresa Norat, peneliti utama dari Imperial College London, seperti dikutip Daily Mail.

Dalam penelitian sebelumnya, menyusui selama setahun juga mengurangi risiko ibu terkena kanker payudara sebesar 4 persen. Penelitian tentang manfaat menyusui dan risiko ibu meninggal akibat kanker dilaporkan dalam American Journal of Clinical Nutrition.