Find Us On Social Media :

Makan Daging Merah dan Daging Olahan Sebabkan Kanker Usus

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 25 Oktober 2013 | 18:00 WIB

Makan Daging Merah dan Daging Olahan Sebabkan Kanker Usus

Intisari-Online.com – Varian genetik tertentu mungkin membantu menjelaskan mengapa makan daging merah dan daging olahan dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker usus besar, kecil, demikian pendapat sebuah penelitian.

Penelitian ini juga menemukan bahwa varian genetik yang lain mungkin memainkan peran dalam menurunkan risiko kanker kolorektal yang berhubungan dengan kebiasaan makan sayur, buah, dan serat.

Penelitian ini melibatkan lebih dari 9.000 orang dengan kanker kolorektal dan kelompok berukuran sama tanpa kanker. Para peneliti mengatakan mereka menemukan interaksi yang signifikan antara varian genetik yang dikenal sebagai rs4145094 dan konsumsi daging olahan. Varian ini terletak di daerah kromosom yang mencakup GATA3, gen sebelumnya yang dikaitkan dengan beberapa bentuk kanker.

Hubungan lain diet – gen yang signifikan ditemukan dalam varian genetik rs1269486, yang dikaitkan dengan penurunan risiko kanker kolorektal, demikian menurut penelitian.

Bagaimana makanan tertentu mempengaruhi gen dan risiko kanker kolorektal tidak diketahui, tetapi pencernaan daging olahan dapat menyebabkan peradangan atau respon sistem kekebalan tubuh yang dapat memicu perkembangan penelitian, jelas para peneliti.

Diyakini bahwa genetika, gaya hidup, dan lingkungan berkontribusi terhadap risiko kanker kolorektal.

“Bisa dibayangkan individu yang dipilih pada risiko tinggi kanker kolorektal berdasarkan profil genom dapat ditargetkan untuk penyaringan, modifikasi diet dan strategi pencegahan lainnya,” tulis Jane Figueiredo, asisten profesor kedokteran di University of Southern California dalam rilisnya.