Find Us On Social Media :

Jangan Pernah Konsumsi Aspirin saat Tubuh Sehat

By Ade Sulaeman, Jumat, 1 November 2013 | 07:00 WIB

Jangan Pernah Konsumsi Aspirin saat Tubuh Sehat

Intisari-Online.com - Percaya bahwa aspirin dapat mencegah serangan jantung dan juga kanker, banyak orang yang mengonsumsi aspirin setiap hari.

Namun, review National Health Service (NHS) di Inggris mengingatkan, orang yang sehat sebaiknya menghindari aspirin karena justru bisa berisiko pada kesehatannya.

Sebenarnya, aspirin membuat darah kurang lengket sehingga mengurangi kemungkinan penggumpalan yang bisa menyebabkan serangan jantung atau stroke. Beberapa studi juga menunjukkan aspirin bisa mengurangi risiko kanker.

Namun, penelitian kesehatan yang pernah dilakukan oleh Warwick Medical School untuk NHS National Institute menyimpulkan, orang sehat harus menghindari aspirin.

Prof Aileen Clarke, yang memimpin penelitian mengatakan, risiko penggunaan aspirin sebenarnya seimbang dan untuk saat ini belum ada bukti yang menyarankan orang sehat untuk mengonsumsi aspirin.

"Kita harus sangat berhati-hati dengan penggunaan aspirin yang berlebihan," katanya.

Amy Thompson, perawat jantung senior di British Heart Foundation menambahkan, aspirin sangat penting bagi banyak pasien jantung. Tapi, bagi orang-orang yang bebas dari penyakit jantung, ada risiko yang mungkin lebih besar daripada manfaat mengonsumsi aspirin. (Rangga / gramediamajalah.com)