Find Us On Social Media :

Terapi Testosteron Tingkatkan Risiko Kematian

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 6 November 2013 | 19:30 WIB

Terapi Testosteron Tingkatkan Risiko Kematian

Intisari-Online.com – Kadar testosteron, hormon pada pria, menurun setelah usia tertentu. Dimulai dari usia 30 tahun, dan menurun sekitar satu persen setiap tahunnya. Untuk mengatasi proses biologis, banyak pria menjalani terapi testosteron.

Sebuah penelitian baru menemukan bahwa terapi testosteron mungkin tidak bisa untuk semua orang. Pengobatan ini meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, dan kematian pada pria yang lebih tua yang memiliki testosteron rendah, hipogonadisme, dan masalah kesehatan lainnya.

Responden, yang kesemuanya berusia 60-an, dengan masalah kesehatan termasuk tekanan darah tinggi, kolesterol, dan diabetes. Bila dibandingkan dengan responden yang tidak mengasup suplemen testosteron selama tiga tahun, mereka 30 persen lebih mungkin meninggal, atau mengalami serangan jantung atau stroke.

Menariknya, peserta yang mengambil terapi testosteron lebih sehat dan lebih muda daripada mereka yang tidak pada awal penelitian, kata para peneliti, seperti dikutip oleh Reuters.

Hipogonadisme terjadi ketika tubuh tidak cukup mengembangkan testosteron. Ini dapat menyebabkan perubahan fisik dan emosional pada pria dewasa, termasuk disfungsi ereksi, infertilitas, penurunan massa otot, dan pertumbuhan rambut, pertumbuhan payudara, hilangnya massa tulang, kelelahan, kesulitan berkonsentrasi, dan hot flashes (rasa panas di dada).Untuk alasan inilah, jumlah resep untuk terapi testosteron meningkat lima kali lipat antara tahun 2000 – 2011.

Penelitian ini melibatkan lebih dari 8.700 responden. Mereka menjalani tes pencitraan jantung dan faktor risiko yang dikaitkan dengan penyakit jantung. Dari seluruh peserta, 1.223 menjalani terapi testosteron. Setelah tiga tahun, para peneliti menemukan bahwa 20 persen dari mereka yang tidak mengambil terapi testosteron meninggal atau mengalami serangan jantung atau stroke, rata-rata berusia 64 tahun.Jumlah peserta dengan hasil buruk melonjak menjadi 26 persen di antara kelompok terapi testosteron, meninggal rata-rata berusia 61. Meskipun tidak ada bukti yang jelas, para peneliti berspekulasi hormon mungkin yang menyebabkan trombosit darah mengumpul, dan mempercepat pembekuan darah.