Find Us On Social Media :

Suara Menunjukkan Seberapa Tinggi Anda

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 4 Desember 2013 | 20:00 WIB

Suara Menunjukkan Seberapa Tinggi Anda

Intisari-Online.com – Suara Anda membantu pendengar menentukan seberapa tinggi Anda tanpa perlu bertemu. Demikian menurut sebuah penelitian baru.

Peneliti meneliti pria dan wanita dengan mendengarkan rekaman kalimat yang identik dibaca oleh pria dan wanita dengan tinggi yang berbeda. Para pendengar diminta untuk menentukan peringat pembicara dari yang tertinggi ke yang terpendek.

Hasil penelitian menunjukkan sekitar 62 persen pendengar akurat dalam mengidentifikasi tinggi. Angka ini jauh lebih tinggi dari apa yang dapat dicapai secara kebetulan saja.

Temuan ini dapat dipakai untuk pembuktian dalam memecahkan masalah kejahatan, demikian catatan para peneliti.

“Salah satu pasti ingin tahu apakah, ketika ‘saksi telinga’ seperti menyebutkan bahwa suara pembicara tampak ‘tinggi’ atau ‘besar’, informasi ini bisa dipercaya,” kata penulis penelitian John Morton, seorang psikolog di Washington University di St. Louis, dalam sebuah rilisnya yang dilansir healthday news.

Kemampuan ini dapat dikaitkan dengan jenis suara yang disebut resonansi subglottal, yang diproduksi di saluran udara lebih rendah dari paru-paru, jelas Morton. Cara terbaik untuk berpikir tentang resonansi subglottal adalah membayangkan meniup ke dalam botol kaca sebagian penuh dengan cairan, lebih sedikit cairan, dst, yang suaranya makin rendah.

Frekuensi resonansi subglottal berbeda tergantung pada tinggi seseorang, resonansi semakin rendah bila semakin tinggi seseorang.

Para manusia, resonansi adalah bagian dari kelompok  yang lebih besar dari suara, semacam sebuah orkestra bermain di atas suara yang terbuat dari botol kaca. Suara botol kaca masih ada, tetapi tidak mudah untuk mendengarnya.