Find Us On Social Media :

Kumur Air dengan Aspirin Ringankan Sakit Tenggorokan

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 17 Desember 2013 | 07:30 WIB

Kumur Air dengan Aspirin Ringankan Sakit Tenggorokan

Intisari-Online.com – Berkumur dengan aspirin yang dihancurkan dalam air dapat membantu meringankan sakit tenggorokan hingga enam jam.

Saat siang hari mentari bersinar dengan cerahnya lalu tiba-tiba sore hari hujan dengan derasnya. Perubahan cuaca yang tiba-tiba seperti ini membawa sejumlah virus, termasuk sakit tenggorokan. Kebanyakan sakit tenggorokan disebabkan oleh virus yang bertanggung jawab atas flu, meski kadang-kadang juga bisa disebabkan karena infeksi bakteri.

Menurut sebuah penelitian baru yang dilakukan oleh University of Cardiff Commond Cold Centre, aspirin mungkin obat terbaik untuk sakit tenggorokan, jika dihancurkan dan berkumur dengannya tanpa ditelan. Aspirin adalah analgesik, yang berarti ini membantu untuk mengurangi rasa sakit.

Berkumur dengan campuran air dan aspirin bisa membantu meredakan nyeri tenggorokan hingga enam jam. Juga membantu hidung tersumbat dengan menyebabkan sensasi dingin di hidung, dan juga mengurangi gejala sakit tenggorokan dan batuk dengan tindakan anestesi lokal. Dmeikian penjelasan Profesor Ron Eccles, seperti dilansir Daily Mail.

Penyebab lain sakit tenggorokan mungkin alergi, kekeringan, iritasi, ketegangan otot, penyakit gastroesophageal reflux (GERD), infeksi HIV, dan tumor. Sangat penting untuk memahami penyebab sakit tenggorokan sebelum melakukan perawatan di rumah.

Ada beberapa cara untuk mencegah sakit tenggorokan, seperti berolahraga, kebersihan tangan yang baik, menghindari kontak dengan orang yang sedang pilek atau mengalami infeksi saluran pernapasan atas lainnya, menghindari merokok, dan menghindari paparan perokok pasif.

Istirahat dan relaksasi dapat membantu sakit tenggorokan hilang dalam waktu sekitar satu hingga dua minggu. Perawatan di rumah untuk sakit tenggorokan termasuk berkumur air garam, menggunakan pelega tenggorokan, semprotan, sirup batuk, minum air, agar tetap terhidrasi. (*)