Find Us On Social Media :

Bersosialisasi Bantu Sembuhkan Demensia

By Ade Sulaeman, Senin, 23 Desember 2013 | 19:30 WIB

Bersosialisasi Bantu Sembuhkan Demensia

Intisari-Online.com - Demensia bisa disembuhkan jika penyebabnya diketahui. “Diperlukan perubahan gaya hidup sesuai kondisi penderita yang membuat hidup lebih mudah, nyaman, dan aman. Kepikunan tidak dapat dicegah tapi dapat diperlambat.”

Disarankan memperbanyak aktivitas yang berhubungan dengan fungsi otak. “Seperti mengisi TTS, membaca, bermain puzzle, melakukan sosialiasi dan berkarya. Makan makanan yang sehat dan bergizi, dan memiliki kesehatan mental dan fisik.”

Bagi penderita demensia gunakan alat bantu mengingat. “Mulai dari membawa catatan yang menuliskan semua pekerjaan. Bacalah secara teratur dua sampai tiga kali sehari catatan itu. Simpan di suatu tempat yang pasti terlihat dan menggunakan kertas berwarna.”

“Buatlah daftar megenai hal yang harus dibicarakan sebelum menemui seseorang. Biasakan diri berpikir secara teratur, misalnya, ketika mematikan kompor, ucapkan sekarang saya mematikan kompor.”

Jika susah menemukan barang yang dicari lakukan pengaturan yang baik. “Kembalikan ke tempat semula, membuat daftar barang yang disimpan, memberikan label nama, alamat, nomor telepon di benda milik sendiri.”

Pemberian obat sifatnya mencegah agar jangan sampai memori bertambah mundur. “Yang sebaiknya dilakukan adalah terapi terutama dari lingkungan keluarga. Bantu dan berikan dukungan pada penderita.”

(Noverita K. Waldan/tabloidnova.com)