Find Us On Social Media :

Jangan Remehkan Batuk yang Tak Sembuh dalam Tiga Minggu

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 10 Januari 2014 | 20:15 WIB

Jangan Remehkan Batuk yang Tak Sembuh dalam Tiga Minggu

Intisari-Online.com – Batuk, umum terjadi dan bisa dialami oleh siapa saja. Tapi hati-hati, jangan meremehkan  batuk yang tidak sembuh dalam beberapa minggu. Menurut Dr. Animesh Arya, Konsultan Senior dari Medicine Respiratory di Delhi, batuk yang tidak sembuh dalam beberapa minggu dikategorikan sebagai batuk kronis.

Batuk yang tidak sembuh-sembuh dalam beberapa minggu mungkin juga bukan batuk biasa, melainkan tanda infeksi saluran pernapasan. Batuk karena infeksi, umumnya dapat dikurangi dengan air hangat atau obat-obatan tradisional seperti kunyit. Namun, jika obat ini tidak dapat menyembuhkan, saatnya untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Batuk tidak boleh dianggap remeh, karena batuk yang tidak sembuh juga mungkin merupakan tanda dari penyakit berbahaya lainnya seperti asma, bronkitis, TBC, kanker paru-paru, dll. Batuk dalam kondisi ini biasanya bertahan hingga tiga minggu,” jelas Dr. Animesh Arya.

Beberapa masalah kesehatan yang berhubungan dengan durasi pendek batuk termasuk infeksi saluran pernapasan atas, infeksi saluran pernapasan bawah, dan pneumonia, demikian seperti dilansir health me up.

Sementara, jika Anda batuk tidak sembuh-sembuh juga untuk waktu yang lama, sadarilah beberapa penyakit seperti asma, bronkitis kronis, kanker paru-paru, TBC, sinusitis, penyakit refluks asam, dll. Jika batuk Anda tidak sembuh juga dalam tiga minggu, segera konsultasikan dengan dokter. Jika perlu, lakukan sinar-X untuk menentukan kesehatan Anda.