Find Us On Social Media :

57 Persen Pria Indonesia Tergolong Perokok Aktif

By Ade Sulaeman, Jumat, 10 Januari 2014 | 19:15 WIB

57 Persen Pria Indonesia Tergolong Perokok Aktif

Intisari-Online.com - Berlawanan dengan tren global yang menunjukkan penurunan, prevalensi merokok di Indonesia menunjukkan peningkatan antara tahun 1980 hingga 2012.

Penelitian terbaru dari Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) di University of Washington mencatat saat ini di Indonesia terdapat 52 juta orang merokok. Indonesia merupakan salah 12 negara yang menyumbangkan angka sebanyak 40% dari total jumlah perokok dunia.

Penelitian yang bertajuk "Smoking Prevalence and Cigarette Consumption in 187 Countries, 1980-2012" diterbitkan pada tanggal 8 Januari di Journal of the American Medical Association dalam edisi khusus yang didedikasikan untuk membahas masalah tembakau.

Di Indonesia, prevalensi merokok sangat bervariasi antara pria dan wanita. Pada 2012, 57 persen pria Indonesia digolongkan sebagai perokok aktif, dan tercatat sebagai kedua tertinggi di dunia.

Wanita Indonesia, memperlihatkan prevalensi merokok sebanyak 3,6%. Angka yang sangat kecil dibandingkan para pria perokok. Sementara Cina, Taiwan, Vietnam dan negara-negara lain di Asia Timur dan Asia Tenggara memperlihatkan kecenderungan yang sama, antara kebiasaan merokok antara pria dan wanita.

Menteri Kesehatan RI, Nafsiah Mboi, fakta yang menyedihkan yang dapat memberikan dampak negatif pada kondisi kesehatan serta biaya kesehatan di negara kita.

"Tapi, kami akan terus berkomitmen dalam melakukan tindakan nyata dalam mengurangi angka tersebut di Indonesia untuk kepentingan seluruh masyarakat, dan membantu mengurangi angka penyakit yang disebabkan oleh tembakau di seluruh dunia," kata Nafsiah, Kamis (9/1/2013). (Eko Sutriyanto/tribunnews.com)