Find Us On Social Media :

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Tiga Pola Diet

By Moh Habib Asyhad, Jumat, 17 Januari 2014 | 08:00 WIB

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Tiga Pola Diet

Intisari-Online.com - Tubuh akan selalu sehat selama kita bisa disiplin menjaga asupan makanan sehari-hari. Tapi sekarang musim hujan yang rawan mendatangkan pilek, oleh karena itu, diperlukan pola diet khusus supaya tubuh tetap kuat. Aman dari segala ancaman musim penghujan.

Berikut tiga cara sederhana mengatur pola makan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

1. Cukup vitamin D.

Penelitian yang melibatkan lebih dari 300 anak Jepang menunjukkan anak-anak yang rutin mengasup suplemen vitamin D (1.200 IU), 40 persen lebih sedikit terkena virus flu.

Adit Ginde, peneliti kesehatan masyarakat dari University of Colorado School of Medicine di Denver mengatakan studi laboratorium menunjukkan nutrisi membantu sel imun untuk mengidentifikasi dan memusnahkan virus penyebab penyakit.

Sumber vitamin D bisa didapat dari ikan salmon dan susu fortifikasi. Sesekali, jika sulit mendapatkan makanan dengan vitamin D, kita bisa menggantinya dengan suplemen.

2. Cukup serat.

Serat mudah larut bisa didapati dari buah citrus, apel, wortel, kacang-kacangan, dan oat. Christina Sherry, peneliti dariUniversityofMichigan,Ann Arbormengatakan makanan kaya serat mudah larut tersebut efektif melawan inflamasi. Untuk meningkatkan daya tubuh, asup serat mudah larut 25-38 gram sehari, saran Sherry.

3. Kurangi kalori harian.

Orang dewasa yang kelebihan berat badan bisa meningkatkan daya tahan tubuhnya hingga 50 persen dengan mengurangi asupan kalori sepertiga dari asupan kalori harian.

Studi enam bulan diTuftsUniversitymenunjukkan hal ini. Menurut Simin Meydani, ahli nutrisi-imunologi dariTuftsUniversitymengatakan pembatasan kalori bisa mengurangi level senyawa di tubuh yang menekan respons sistem imun.

Pengurangan kalori juga berlaku untuk orang dewasa dengan berat badan normal. "Usahakan untuk menjaga  berat badan agar tetap ideal," sarannya.

Makan lebih dari yang seharusnya akan menurunkan daya tahan tubuh. Dengan mengurangi jumlah makanan harian, Anda juga akan lebih terfokus pada kualitas makanan. Usahakan banyak makan buah dan sayuran setiap hari, dan pilih protein seperti ikan, ayam, susu rendah lemak. (Wardah Fajri| kompas.com