Find Us On Social Media :

Dapatkah Lipstik Mengganggu Kesehatan?

By K. Tatik Wardayati, Senin, 27 Januari 2014 | 19:15 WIB

Dapatkah Lipstik Mengganggu Kesehatan?

Intisari-Online.com – Setiap wanita tentunya suka tampil cantik setiap hari dan menerima segudang pujian. Selain berlian, make up adalah yang membuat wanita tidak bisa hidup tanpanya. Wanita menggunakan make up ketika mereka melangkah keluar dari rumah, dimulai dari pemakaian maskara, eye shadow, dll. Tapi yang tidak pernah ketinggalan di tas mereka adalah lipstik.

Make-up yang ideal tentunya tidak akan lengkap tanpa pulasan bibir beraneka warna. Wanita suka memamerkan ekspresi mereka dalam berbagai warna, yang bisa jadi dipadankan denga pakaian mereka.

Namun, warna-warna pembuat cantik itu pun dapat mempengaruhi kesehatan Anda. Banyak peneliti mengatakan bahwa warna bibir yang cerah bisa mengandung sejumlah bahan kimia yang dapat menyebabkan bahaya serius bagi kesehatan Anda.

Bahan kimia lipstik termasuk zat  yang disebut triclosan, digunakan sebagai pengawet dalam lipstik. Para peneliti mengatakan triclosan terkait dengan masalah otot dan jantung. Bahan kimia ini juga dapat menyebabkan bakteri menjadi resisten terhadap antibiotik dan mengubah menjadi bakteri super.

Menurut para peneliti, methylparaben adalah pengawet yang digunakan dalam berbagai produk kecantikan. Ini dikaitkan dengan kanker dan dapat mengganggu sistem endokrin. Juga bisa menjadi racun dengan cara lain.

Propylparaben ditemukan dalam banyak kosmetik. Ini dapat menyebabkan iritasi kulit dan mata, jika seseorang memiliki kulit sensitif. Selain itu juga terkait dengan gangguan endokrin, kanker, dan efek beracun lainnya.

Retinyl palmitate merupakan bentuk vitamin A dan dapat menjadi racun bagi wanita hamil. Menurut database Cosmetic, ini terkait dengan berbagai masalah kesehatan dari kanker hingga masalah reproduksi.

Tokopheryl acetat dikenal sebagai vitamin E asetat. Ditemukan dalam banyak produk termasuk lipstik. Ini cukup berbahaya dan dapat menyebabkan iritasi kulit, terbakar, berkerak, gatal-gatal, dan lecet.

Paraffin ada dalam jumlah kecil, tetapi bila menggunakan lipstik secara teratur, dapat menyebabkan kerusakan pada enamel gigi yang dapat menyebabkan karies gigi.

Untuk menghindari efek samping ini, wanita harus lebih selektif dalam pemilihan kosmetik, dan harus menghindari penggunaan secara teratur. (healthmeup)