Find Us On Social Media :

Diet Soda Picu Keinginan Ngemil

By Chatarina Komala, Jumat, 7 Februari 2014 | 06:00 WIB

Diet Soda Picu Keinginan Ngemil

Intisari-Online.com -- Sebuah studi menyebutkan, orang yang mencoba mengurangi kalori dengan mengonsumsi minuman ringan  berembel-embel "diet" atau "sugar free" cenderung gagal diet.  Alih-alih langsing, meminum diet soda justru dapat meningkatkan keinginan untuk ngemil dan makan lebih banyak makanan lagi. 

Sebuah survei yang dilakukan pada hampir 24.000 orang di AS menunjukkan, mereka yang mengonsumsi minuman diet sebagai pengganti minuman manis secara teratur, terbukti mengonsumsi jumlah kalori yang sama, dengan orang yang minum secara teratur minuman manis.Hal ini terjadi karena mereka yang minum minuman diet akan mengonsumsi hampir 200 kalori lebih banyak ketimbang orang yang hanya minum minuman manis.

Menurut para peneliti, sebagian besar dari peningkatan ini berasal dari konsumsi camilan manis. Adanya pemanis buatan dalam minuman diet soda mungkin dapat mengganti sukrosa alami, tetapi efeknya justru dapat menambah nafsu makan.

Pemanis tersebut dapat membuat orang memiliki keinginan untuk makan makanan manis, bahkan junk food. Kurangnya gula asli juga membuat kita tak kunjung kenyang, karenanya, keinginan untuk ngemil pun meningkat.

"Dengan kecenderungan orang beralih ke minuman diet, fokus dalam mengurangi minuman manis mungkin tidak cukup bagi upaya penurunan badan jangka panjang," tulis peneliti dalam American Journal of Public Health edisi 16 Januari."Orang yang berdiet dengan mengonsumsi minuman diet seharusnya mengurangi konsumsi kalori dari makanan biasa untuk menurunkan berat badan," lanjut mereka. (livescience.com