Find Us On Social Media :

Berat Badan Naik di Akhir Pekan? Ini Sebabnya!

By Chatarina Komala, Rabu, 12 Februari 2014 | 20:30 WIB

Berat Badan Naik di Akhir Pekan? Ini Sebabnya!

Intisari-Online.com – Banyak orang mengeluhkan kenaikan berat badan mereka di akhir pekan. Akibatnya, demi menjaga kestabilan berat badan, mereka cenderung makan seminim mungkin. Mengonsumsi makanan kecil pun dianggap solusi ketimbang mengonsumsi menu makanan lengkap yang mengandung cukup karbohidrat dan protein.  Lantas, apa yang menyebabkan berat badan naik pada hari Sabtu dan Minggu?

Seperti diketahui, akhir minggu merupakan waktu untuk melepas lelah dan beristirahat. Dengan begitu, kita pun akan lebih banyak mengurangi aktivitas fisik. Namun, pada saat yang sama, kita juga mendapatkan kesempatan untuk makan dan minum lebih bebas dalam jumlah lebih dari cukup.

Kebiasaan bepergian pada akhir minggu pun turut mempengaruhi pola makan kita. Pada saat itu, biasanya kita akan terdorong untuk makan lebih banyak dari pada biasanya. Akibatnya, berat badan meningkat, dan Senin terlihat menakutkan bagi sekelompok orang.

Langkah tepat atasi berat badan

Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya kita harus tahu terlebih dahulu apa tujuan kita mengisi perut. Kita juga perlu mengenal berbagai jenis makanan. Dengan pengetahuan tersebut, kita akan mampu mengatasi dan mengendalikan nafsu makan, sehingga berat badan tak meningkat berlebihan.

Selain mengendalikan nafsu makan, melakukan aktivitas fisik dengan berolahraga bersama keluarga pun bisa jadi alternatif pengisi akhir minggu. Apalagi olahraga bersama merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat baik bagi diri kita sendiri, maupun untuk kepentingan sosialisasi dengan keluarga. Namun, yang terpenting di sini adalah, kita telah memperkenalkan pentingnya aktivitas fisik bagi kesehatan.

Dengan berolahraga, metabolisme tubuh akan meningkat. Peningkatan ini yang akhirnya akan menetralkan kenaikan berat badan yang mungkin terjadi akibat makan dalam jumlah lebih dari pada di hari-hari biasa.