Find Us On Social Media :

Inilah Bedanya Perempuan dan Laki-laki di Masa Pertumbuhan

By Ade Sulaeman, Kamis, 13 Februari 2014 | 17:00 WIB

Inilah Bedanya Perempuan dan Laki-laki di Masa Pertumbuhan

Intisari-Online.com - Layaknya perbedaan pada jenis kelamin, pertumbuhan fisik dan keterampilan perempuan dan laki-laki juga mengalami perbedaan. Mau tahu apa saja?

Fisik

Dalam pertumbuhan bayi dan remaja, anak-anak tumbuh dengan tinggi dan berat badan di tingkat yang sama-sama lambat tapi stabil.

Tidak ada perbedaan mencolok antara kedua jenis kelamin hingga akhir sekolah dasar. Memang kebanyakan anak perempuan tumbuh tinggi lebih cepat, tapi biasanya anak laki-laki dapat mengejar dan melebihi dalam beberapa tahun.

Perempuan biasanya tumbuh tinggi 3 inci per tahun atau sedikit lebih. Sedangkan anak laki-laki tumbuh 3-4 inci per tahun.

Pubertas

Beberapa gadis mulai menunjukkan perubahan pertama pubertas dengan adanya tunas payudara dan (kemudian) rambut kemaluan di usia 8 tahun.

Perubahan ini biasanya berlangsung di usia 8 dan 12 tahun. Perubahan ini biasanya diikuti oleh menstruasi. Kebanyakan gadis mendapatkan periode haid pertama mereka dalam lima tahun perkembangan payudara atau sebelum berusia 16 tahun.

Namun ada juga beberapa anak perempuan yang “matang” di usia yang sangat dini, 7 tahun. Situasi ini dikenal sebagai pubertas prekoks.

Tidak jelas apa yang menyebabkan pematangan awal ini. Diperkirakan berasal dari paparan lingkungan genetika. Beberapa penelitian menunjukkan hal ini biasa terjadi pada anak perempuan Afrika-Amerika.

Sedangkan pada anak laki-laki sangat jarang ditemukan perubahan yang dikarenakan pubertas. Biasanya pubertas ditandai dengan pembesaran testis dan pertumbuhan penis serta rambut kemaluan. Ini terjadi sebelum usia 9 tahun.

Keterampilan Motorik