Find Us On Social Media :

Beragam Penyebab Tubuh Mudah Lelah

By Ade Sulaeman, Rabu, 19 Februari 2014 | 07:30 WIB

Beragam Penyebab Tubuh Mudah Lelah

Intisari-Online.com - Kelelahan tidak hanya dikarenakan jam tidur yang kurang atau tingginya aktivitas Anda. Banyak hal yang menyebabkan hal itu. Di antaranya adalah makanan, depresi, anemia, masalah tiroid, penyakit liver, mononukleosis, rematik, dan masih banyak lagi.

Apa yang Anda konsumsi tidak hanya memberikan dampak pada perasaan, tapi juga energi pada tubuh Anda. Dan ada yang mengatakan, mengkonsumsi gula atau yang manis-manis paling mampu meningkatkan energi tubuh.

Kafein, alkohol, dan junk food lah yang paling berkontribusi menyebabkan kelelahan. Dan makanan yang paling baik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menjalankan pola diet seimbang dan sehat setiap hari.

Nah, satu lagi makanan yang wajib dihindari jika Anda mengalami kelelahan akut adalah makanan pedas. Terutama jika Anda mengkonsumsinya dekat dengan jam tidur, itu bisa mengganggu tidur Anda dikarenakan gangguan pencernaan dan heartburn .

Kalau makanan yang kaya serat, seperti buah dan sayuran, justru membantu Anda menyerap gula alami ke dalam tubuh. Serat bahkan mampu mengontrol energi dalam tubuh.

Hal penting lainnya adalah mengkonsumsi banyak air putih. Jika Anda dehidrasi, tubuh Anda tidak akan bekerja dengan baik dan Anda akan mudah lelah.

Makanan lain yang dianjurkan adalah yang kaya akan asam lemak omega-3 seperti seafood, kacang-kacangan, dan sayuran. Selain itu, yang mengandung vitamin B (telur, daging tanpa lemak, dan produk susu lainnya).

Tata kembali semuanya

Jangan memaksakan diri untuk terus “bekerja” dengan energi Anda yang terbatas itu. Untuk itu, buatlah prioritas, mana yang sangat penting untuk dilakukan atau dikerjakan setiap hari.

Selain bisa mengatasi rasa lelah sedikit demi sedikit, Anda juga terhindari dari stres dan perasaan tidak nyaman.

Jangan lupa buat segala sesuatunya “mudah” di rumah Anda agar lebih terorganisir. Misalnya, memindahkan beberapa barang yang sering Anda gunakan ke tempat yang mudah diambil dan ditemukan. Dengan begitu, energi Anda tidak terbuang percuma.

(Ester/tabloidnova.com)