Find Us On Social Media :

Hati-hati Suara Merusak Pendengaran Bayi

By Axel Natanael Nahusuly, Selasa, 4 Maret 2014 | 19:30 WIB

Hati-hati Suara Merusak Pendengaran Bayi

Intisari-Online.com – Para orang tua sepertinya harus berpikir dua kali memberikan mesin suara yang dapat menghasilkan suara hujan, kicauan burung, dan lain sebagainya.Mesin suara itu biasanya digunakan memberikan suasana yang tenang kepada bayi supaya bisa tidur dengan nyenyak. Namun, hasil studi terbaru mengatakan bahwa mesin suara itu dapat mengganggu pendengaran bayi.

Para peneliti dari Kanada menemukan bahwa mesin suara itu bisa mengeluarkan tingkat bunyi yang berbahaya bagi bayi Anda. Baik mengganggu pendengaran, berbicara, dan belajar.

“Saya tidak mengatakan bahwa alat ini pasti menyebabkan tuli, tapi saya hanya mengatakan adanya kemungkinan gangguan pada pendengaran,” kata Dr. Blake Papsin, dari rumah sakit untuk anak-anak di Toronto.

Beragam jenis suara yang dapat dihasilkan tersebut juga memiliki kemungkinan dapat mengganggu bayi saat tidur malam. Tapi dalam penelitian ini belum termasuk suara yang dihasilkan dari komputer maupun ponsel.

“Resonansi suara yang terbaik bagi bayi adalah suara manis dari ayah dan ibunya,” Papsin menjelaskan.

Papsin hanya ingin menjelaskan kepada para orang tua untuk menjaga bayi Anda dari kebisingan, karena ada “dosis” suara yang dapat membahayakan pendengaran bayi. (livescience.com)