Find Us On Social Media :

Jadi Perokok Pasif, Pembuluh Darah Anak Rusak Permanen

By Ade Sulaeman, Kamis, 6 Maret 2014 | 07:30 WIB

Jadi Perokok Pasif, Pembuluh Darah Anak Rusak Permanen

Intisari-Online.com - Merokok secara pasif dapat menyebabkan kerusakaan permanen bagi pembuluh darah anak, kata sejumlah ilmuwan.

Kerusakan - yang berupa penebalan dinding pembuluh darah - akan meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke di kemudian hari, demikian laporan yang dirilis pada European Heart Journal.

Studi yang melibatkan lebih dari 2.000 anak-anak berusia tiga sampai 18 tahun, menunjukan kerusakan terjadi jika kedua orang tua merokok.

Para ahli mengatakan tidak ada tingkat "yang aman" dari paparan perokok pasif.

Riset yang dilakukan di Finlandia dan Australia ini ingin mengungkap bagaimana efek fisik yang timbul jika anak tumbuh di rumah penuh asap rokok.

Pemindaian ultrasound menunjukkan terjadi perubahan dinding pembuluh darah utama yang terbentang dari leher ke kepala dari anak-anak yang dua orang tuanya merokok.

Penulis riset Dr Seana Gall dari University of Tasmania mengatakan: "Studi kami menunjukkan bahwa paparan asap rokok pasif pada anak menyebabkan kerusakan langsung dan permanen pada struktur arteri."

"Orang tua, atau bahkan orang yang berpikir ingin menjadi orang tua, harus berhenti merokok. Hal ini tidak hanya akan memulihkan kesehatan mereka sendiri tetapi juga melindungi kesehatan anak-anak mereka ke masa depan." (tribunnews.com)