Find Us On Social Media :

4 Cara Mencegah Diabetes Tipe 2

By Chatarina Komala, Sabtu, 8 Maret 2014 | 11:00 WIB

4 Cara Mencegah Diabetes Tipe 2

Intisari-Online.com - Diabetes tipe 2 adalah sebuah penyakit di mana tubuh tidak lagi memproduksi insulin yang cukup. Anda harus waspada, sebab penyakit ini sangat serius karena menyebabkan banyak kerusakan pada tubuh, organ, bahkan mengakibatkan kematian.Di dunia, selalu terjadi peningkatan penderita diabetes. Karenanya, butuh kesadaran untuk mencegahnya sebelum terlambat. Berikut ini 4 cara mencegah diabetes tipe 2.1. Menjaga berat badan yang sehat Berat badan menjadi salah satu faktor penyebab diabetes. Banyaknya lemak di daerah perut dapat mengurangi produksi insulin. Karenanya, mengurangi lingkar perut adalah cara yang benar dalam mengurangi risiko diabetes. 

2 . Mengurangi asupan makanan manis 
Kadang-kadang Anda mungkin berada pada risiko tinggi untuk diabetes tipe 2 karena sejarah orang tua yang juga mengidap diabetes. Karenanya, dalam kasus seperti itu disarankan untuk mengurangi makanan manis sebanyak mungkin. Mengurangi asupan makanan manis ini akan mencegah Anda terkena diabetes tipe 2 untuk sementara. Bahkan, dengan diet tepat Anda mungkin akan beruntung dan tidak berisiko sama sekali.  (Baca juga: Makan Yogurt Bisa Turunkan Risiko Terserang Diabetes Tipe 2
3 . Memilih lemak yang tepat 
Anda tidak harus menghindari lemak sepenuhnya. Asam lemak Omega-3 baik untuk jantung serta untuk pencegahan diabetes. Namun sebaiknya, hindari lemak jenuh yang bisa meningkatkan peradangan dan dapat menyebabkan resistensi insulin dalam tubuh. Gantilah secara rutin minyak Anda dengan minyak zaitun untuk mencegah diabetes.
4 . Berolahragalah dengan berjalan Olahraga tidak berarti harus pergi ke gym setiap hari. Anda bisa mempertahankan gaya hidup aktif dengan pergi untuk berjalan-jalan sebentar. Pastikan Anda berjalan di dalam rumah sebanyak yang Anda bisa. Hal ini bisa dilakukan, misalnya dengna mengerjakan tugas rumah dan berhenti menggunakan mobil untuk perjalanan jarak pendek. Berjalanlah sebanyak mungkin jika Anda merasa masih bisa dikerjakan sambil berjalan. (Magforwomen)