Find Us On Social Media :

Ibu Hamil Wajib Perhatikan Postur Tubuh Saat Beraktivitas

By Mohamad Takdir, Selasa, 11 Maret 2014 | 07:00 WIB

Ibu Hamil Wajib Perhatikan Postur Tubuh Saat Beraktivitas

Intisari-Online.com - Bagi ibu hamil wajib memerhatikan postur tubuh tepat saat beraktivitas, termasuk saat berdiri, ada beberapa postur tubuh yang dianjurkan.

Bila diabaikan, sakit pinggang dan punggung pun dapat dengan mudah menyerang. Secara umum, penyebab sakit pinggang dan punggung sendiri ada dua, yang pertama lantaran berat badan yang semakin naik. Yang kedua karena postur tubuh yang salah saat beraktivitas.            Untuk penyebab pertama tak banyak yang dapat dilakukan karena perubahan tubuh pada ibu hamil normal dan alami. Berbeda dengan penyebab kedua yang dapat dihindari dengan mengetahui postur-postur yang tepat saat beraktivitas.

(Baca juga: Tips Berolahraga Bagi Ibu Hamil)Bagaimana postur tubuh tepat atau sikap tubuh tepat itu? Sikap tubuh saat hamil sebenarnya tak jauh berbeda seperti kala tak hamil, hanya saja karena ibu memang membawa beban di  perut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.Berikut beberapa aktivitas yang kerap dilakukan ibu hamil dan rincian postur tubuh tepat ibu hamil saat berdiri dan saat mengambil benda atau barang dari atas lantai.1. Postur tubuh saat berdiri- Berdirilah dengan posisi tubuh lurus. Posisi ini akan membuat ibu hamil lebih relaks karena dapat mengendurkan otot-otot yang tegang.- Hindari membungkuk karena posisi tersebut akan menekan perut.- Idealnya ibu hamil berdiri hanya 20—30 menit. Setelah itu perlu beristirahat dengan duduk atau rebahan.- Namun bila situasi dan kondisi mengharuskan ibu hamil berdiri dalam waktu yang lama, sebisa mungkin carilah sandaran agar beban pada kaki dan punggung dapat sedikit berkurang. Jika tidak ada, usahakan kedua kaki tidak bertumpu secara simetris, melainkan bertumpu pada satu kaki secara bergantian dan buatlah serelaks mungkin.2. Postur tubuh saat mengangkat barang- Ibu hamil tidak disarankan mengangkat beban berat. Perlu diketahui saat mengerahkan tenaga saat mengangkat barang, semua otot akan bekerja, termasuk otot-otot perut sehingga berisiko menimbulkan kontraksi. Bagaimana kategori beban yang berat itu? Mudah. Bila ibu tidak sanggup mengangkatnya, barang itu sudah terlalu berat, jadi minta bantuan orang lain untuk melakukannya. - Nah, saat ibu hamil harus mengambil barang, jika posisi barang tersebut berada di atas (di atas meja), tentu tidak masalah. Namun jika berada di bawah (lantai), posisi awal ibu harus squat (menekuk lutut) terlebih dahulu, selanjutnya baru meraih barang.- Jika benda itu bertali, contoh tas, raih tali tas (yang jaraknya terdekat).- Penting diingat, jangan menahan napas saat mengangkat barang, sebab akat menekan perut/rahim. (tabloidnakita)