Find Us On Social Media :

Wanita Alami Penurunan Produktivitas Kerja Saat Menstruasi

By Chatarina Komala, Rabu, 12 Maret 2014 | 11:00 WIB

Wanita Alami Penurunan Produktivitas Kerja Saat Menstruasi

Intisari-Online.com -- Umumnya, wanita alami penurunan produktivitas kerja saat menstruasi, sebesar 5 hingga 10 persen. Ini setara dengan sekitar 6,5 jam per minggu selama siklus haid. Saat itu, wanita rentan mengalami kekurangan asupan gizi, termasuk zat besi (Fe). Padahal, zat besi ini sangat diperlukan sebagai ko-enzim yang terlibat dalam proses penghasil sel darah merah.(Baca juga: Beragam Hal yang Terjadi Saat Wanita Menstruasi)

"Selama menstruasi, wanita kehilangan 30-80mg zat besi. Prinsipnya, jika tak ada zat besi maka sel darah merah tak bisa membawa oksigen ke seluruh tubuh. Padahal, wanita khususnya di usia sekolah, membutuhkan banyak aktivitas otak seperti saat belajar. Bagaimana bisa pintar kalau oksigen tak sampai ke otak, kan?" ungkap Dr.dr Inge Permadhi, MS, SpGK.(Baca juga: 5 Hal Unik Sebelum Menstruasi)

Dokter spesialis gizi dari MRCCC Siloam Hospital ini menambahkan, bila oksigen yang harusnya sampai ke organ otak malah berkurang, maka kemampuan mengolah informasi pun berkurang. “Akibatnya, ia akan kesulitan konsentrasi, tidak berenergi, dan mudah mengantuk,” pungkasnya. (Tabloid Nova)