Find Us On Social Media :

Sering Mengikat Rambut Bisa Sebabkan Rambut Tak Sehat

By Chatarina Komala, Rabu, 28 Juni 2017 | 16:00 WIB

Sering Mengikat Rambut Bisa Sebabkan Rambut Tak Sehat

Intisari-Online.com - Memang, rambut panjang lebih indah bila dibiarkan tergerai. Namun, rambut tergerai bebas juga mengganggu, apalagi jika Anda termasuk orang dengan "banyak gerak". Mengikat atau menjepit rambut pun jadi pilihan untuk mengatasinya. 

Agar penampilan nantinya membosankan, tentu ada banyak jenis atau model mengikat rambut. Dikepang, ditata menjadi konde kacil, adalah contoh pilihannya.

Namun, Michael Duenas, seorang hairstylist menyarankan untuk tidak mengikat rambut setiap hari. Sebab, sering mengikat rambut bisa menyebabkan rambut tak sehat.

(Baca juga: Berapa Banyak Jumlah Rambut Rontok yang Tergolong Normal?)

"Jika kita setiap hari mengikat rambut, akan terjadi tegangan konstan yang akan merusak folikel rambut. Kondisi ini bisa memicu rambut di area tersebut menjadi rontok dan botak," katanya. 

Ikatan rambut yang terlalu kencang dan dalam waktu lama juga dapat menyebabkan timbulnya sakit kepala. 

"Jika Anda ingin mengikat rambut, jangan terlalu kencang dan gunakan karet yang elastis. Anda juga bisa membuat konde atau bun yang longgar dan merapikannya menggunakan klip atau tusuk konde yang cantik," tambah Duenas.

(Baca juga: FIRE, Pewarna Rambut yang Bikin Warna Rambut Kita Bisa Berubah-ubah dalam Sekejap)

Mencoba berbagai gaya tatanan rambut

Cara lain untuk melindungi rambut adalah dengan mengubah ikatan rambut. "Mengikat rambut pada satu gaya terus menerus bisa membuat rambut cepat rusak. Cobalah berbagai gaya tatanan rambut," sarannya.

Selain itu, hindari menjepit atau mengikat rambut saat rambut dalam kondisi basah. Saat basah, rambut akan lebih rapuh sehingga mudah patah.

Cara mudah untuk mengetahui apakah rambut rapuh atau tidak, saat membuka karet rambut dan ada rambut yang rontok, berarti rambut Anda memang rapuh.