Find Us On Social Media :

4 Tips Kendalikan Nafsu Makan Berlebih

By Chatarina Komala, Jumat, 14 Maret 2014 | 14:00 WIB

4 Tips Kendalikan Nafsu Makan Berlebih

Intisari-Online.com - Mengonsumsi makanan secara berlebihan bukan hanya membahayakan rencana diet Anda. Dalam jangka panjang, makan berlebihan juga menerapkan pola kebiasaan makan yang salah. Memang, sebagian besar dari kita sudah tahu efek negatif dari makan berlebih. Namun, di sisi lain, berhenti dan berpindah ke pola yang lebih sehat menjadi sangat sulit. Berikut ini adalah 4 tips dalam mengendalikan nafsu makan yang berlebih.

Minum air sebelum makan
Minum air membantu perut merasa kenyang dan akan mengekang setiap keinginan makan, yang sebetulnya tidak Anda inginkan. Minumlah air setidaknya 10 menit sebelum makan untuk menahan nafsu makan Anda. Dengan cara ini Anda akan makan lebih sedikit dan tidak lagi merasa "lapar mata".(Baca juga: Redakan Lapar Mata Dengan 6 Cara Ini
Gunakan piring yang lebih kecil
Menggunakan piring yang lebih kecil akan membuat porsi makanan Anda terlihat lebih besar. Dengan demikian, menggunakan piring yang lebih kecil dapat membuat Anda tersugesti bahwa Anda sudah cukup makan. 
Gunakan jurnal makanan
Menggunakan "jurnal makanan" akan membantu memantau asupan makanan Anda setiap hari. Catat dan datalah jumlah makanan yang Anda makan Anda dalam sebuah jurnal. Ini akan membuat Anda sadar berapa banyak makanan yang Anda makan.  (Baca juga: Cara Unik Kontrol Nafsu Makan
Jauhi makanan pemicu
Hal ini sering dimulai dengan satu gigitan biskuit/kue kering, yang berlanjut pada setoples kue yang Anda habiskan sendiri. Karenanya, jauhilah makanan-makanan seperti ini. Makanan seperti cokelat, keripi, kue, dan lain sebagainya dapat mendorong Anda sehingga makan berlebihan. (Heallthmeup)