Find Us On Social Media :

6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Ikut Lomba Lari

By Birgitta Ajeng, Kamis, 20 Maret 2014 | 07:00 WIB

6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Ikut Lomba Lari

Intisari-Online.com - Meski lari adalah salah satu jenis olahraga termudah dan paling sederhana, persiapannya harus dilakukan dengan matang. Kata dr. Sophia Hage, yang sedang mendalami spesialisasi kedokteran olahraga, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengikuti lomba lari, yaitu:(Baca juga: Inilah Aturan Hukum Kawin Lari

1. Pemanasan dan pendinginan

Sebelum berlari, biasakan melakukan pemanasan sebelum mulai berlatih dan pendinginan setelah selesai berlatih. Pemanasan yang mencakup peregangan otot dimaksudkan untuk meningkatkan suhu tubuh serta otot-otot, tendon dan ligamen, agar jaringan-jaringan lunak ini lentur/ tidak kaku dan siap untuk berfungsi maksimal.

Selain itu dimaksudkan agar cairan sendi dikeluarkan lebih banyak sehingga fungsinya sebagai pelumas sendi dapat lebih baik. Demikian juga pendinginan yang juga mencakup peregangan otot, dilakukan agar otot-otot yang telah bekerja berat dilemaskan kembali.

2. Pakai pakaian yang sesuai

Baju olahraga yang dipakai tidak boleh terlalu longgar atau terlalu sempit agar olahraga dapat dilakukan dengan nyaman.

Jangan memakai pakaian olahraga dari bahan yang dapat menahan suhu tubuh, sehingga menghasilkan keringat yang berlebihan. Sebaiknya gunakan pakaian yang terbuat dari katun dan berwarna cerah.

3. Pakai sepatu yang sesuai

Pakai sepatu yang khusus untuk berlari dan ukuran sepatu harus pas sesudah memakai kaos kaki, jangan terlalu longgar atau sempit.

Pilih sepatu yang solnya cukup tebal dan tidak terlalu keras agar fungsinya sebagai shock absorber (peredam getar) sewaktu melompat atau lari dapat terjadi dengan baik. Ganti sepatu bila sol sudah aus atau miring.

Kaos kaki cukup tebal agar dapat membantu berfungsi sebagai peredam getar dan mencegah lecet.(Baca juga: Pro-Kontra Lari Sebagai Olahraga

4. Asupan makanan