Find Us On Social Media :

Kapan Jalan Kaki Dianggap Tak Aman?

By Birgitta Ajeng, Minggu, 30 Maret 2014 | 06:00 WIB

Kapan Jalan Kaki Dianggap Tak Aman?

Intisari-Online.com - Jika kebanyakan orang menganggap bahwa jalan kaki dapat dilakukan siapa saja maka olahraga jalan sehat pun seharusnya aman dilakukan oleh siapa pun. Namun ternyata masih ada batasan-batasan yang perlu diperhatikan. Lantas, kapan jalan kaki dianggap tidak aman?

Jika seseorang sampai tidak mampu melakukan jalan kaki, berarti yang bersangkutan tidak memiliki kesehatan yang cukup baik untuk melakukan mobilisasi tubuhnya.

dr. Michael Triangto, SpKo dalam bukunya berjudul Jalan Sehat Dengan Sports Therapy mengungkapkan, hal tersebut dapat terjadi pada keadaan-keadaan berikut:

1. Penderita pasca-serangan jantung yang memiliki keluhan sesak napas dengan atau tanpa nyeri dada saat berjalan. Keluhan ini merupakan tanda bahwa ia belum mampu melakukan olahraga jalan sehat. Perbaiki kemampuan jantungnya terlebih dahulu. Bila memaksa diri berolahraga, pasien tersebut akan masuk dalam keadaan yang dapat membahayakan jiwa.

2. Penderita pasca-stroke yang belum memiliki keseimbangan tubuh yang baik juga merupakan indikasi belum boleh melakukan olahraga jalan sehat. Kalau memaksakan diri ia berisiko jatuh.

3. Pasien-pasien yang mengalami gangguan keseimbangan tubuh/vertigo baik karena penyakit tekanan darah tinggi, gangguan telinga maupun konsumsi obat-obatan tertentu juga masuk dalam kriteria tidak boleh melakukan jalan sehat.

4. Penderita asma harus mengetahui benar saat-saat dan keadaan di mana mereka boleh melakukan jalan sehat. Suhu yang dingin dapat mencetuskan serangan asma yang dapat berakibat fatal. Untuk itu bagi penderita asma yang akan melakukan jalan sehat dianjurkan untuk selalu membawa inhaler pencegah serangan asma sebagai tindakan berjaga-jaga.

5. Bagi penderita penyakit diabetes jalan sehat dapat menjadi pencetus terjadinya luka yang sulit disembuhkan. Untuk itu kadar gula mereka yang tinggi harus diatasi terlebih dahulu. Mereka juga harus melakukan perawatan kaki yang baik dengan tidak lupa untuk menggunakan pengaman dan sepatu yang benar-benar cocok bagi kaki mereka. pengaman kaki yang dimaksud adalah kaus kaki yang baik dan insole (bagian dalam) kulit sepatu yang lunak agar tidak melukai kaki saat berjalan.

6. Bagi yang mengidap alergi terhadap cuaca dingin juga sebaiknya jangan berjalan sehat saat cuaca tidak bersahabat dengan mereka karena hal tersebut hanyalah akan mencetuskan alergi kulitnya saja.