Find Us On Social Media :

Tips Dalam Memilih Sepatu untuk Jalan Sehat

By Birgitta Ajeng, Senin, 31 Maret 2014 | 09:00 WIB

Tips Dalam Memilih Sepatu untuk Jalan Sehat

Intisari-Online.com - Sebelum melakukan jalan sehat, seseorang perlu memilih sepatu terlebih dahulu dengan jeli. Untuk bermain tenis tentunya kita tidak akan menggunakan sepatu untuk bermain sepak bola, demikian pula jika akan berolahraga jalan sehat janganlah menggunakan sepatu untuk lari karena sepatu lari tidak akan cukup lentur untuk dipakai berjalan.

dr. Michael Triangto, SpKo dalam bukunya berjudul Jalan Sehat Dengan Sports Therapy memberikan beberapa tips dalam memilih sepatu untuk jalan sehat.

1. Sepatu haruslah nyaman dipakai dan bukan sekadar bagus dan menarik dilihat.

2. Ringan sehingga tidak akan memberikan beban yang tidak perlu pada kaki.

3. Kelenturan baik untuk menunjang dan mengikuti gerakan-gerakan kaki kita saat berjalan.

4. Kotak jari kaki harus memberikan ruang yang cukup bagi jari-jari kaki untuk bergerak dengan baik, bebas dan nyaman. Diperlukan jarak sepanjang dua jari tangan kita dari jari kaki yang terpanjang sampai ujung bagian dalam sepatu.

5. Pastikan ada lekukan Achilles yang memiliki bantalan yang baik agar tidak menimbulkan cedera dan tekanan pada tendon Achilles kita saat berjalan lama.

6. Periksalah apakah kotak jarinya cukup lapang? Beberapa jenis sepatu memiliki kotak jari yang sempit dan hanya cocok bagi kaki dengan bentuk jari yang kurus. Bagi kebanyakan orang sepatu yang begini akan mengganggu gerakan jari-jari kakinya.

7. Perhatikan apakah hak sepatu tidak terlalu tinggi agar keseimbangan tubuh kita tetap terjaga dengan baik?

8. Bantalan sol luarnya baik terutama pada daerah tumit dan bagian depan kaki untuk memberikan kenyamanan selama berjalan dan menghindari terjadinya cedera.

9. Penopang lengkungan kaki yang sesuai dengan bentuk telapak kaki kita agar sepatu tersebut benar-benar dapat menyatu dengan seluruh permukaan kaki kita.

10. Reflektor merupakan bagian yang harus ada jika kita biasa melakukan olahraga pada saat matahari belum terbit atau sudah terbenam. Reflektor adalah bagian luar sepatu yang dapat memantulkan kembali cahaya yang mengenai sepatu. Tujuannya untuk menghindari kecelakaan pada saat pejalan kaki berjalan di malam hari atau pada pagi hari sebelum matahai terbit.