Find Us On Social Media :

Wangi Pandan sebagai Pengusir Serangga

By Moh Habib Asyhad, Rabu, 9 April 2014 | 14:00 WIB

Wangi Pandan sebagai Pengusir Serangga

Intisari-Online.com - Peran daun pandan dan daun sirih untuk pengharum ruangan tak usah diragukan lagi. Tapi jika wangi pandan dan daun sirih dijadikan sebagai pengharum ruangan, sekaligus mengusir serangga, itu baru kabar baru. semut, kecoa, bakalan lari tunggang langgang.

Jika sudah menggunakan pandan, kita tak perlu lagi mengandalkan produk pengharum buatan pabrik. Harganya juga relatif lebih murah. Meski demikian, jangan ragukan kasiatnya; wanginya dijamin tahan lama.

Daun pandan wangi

Daun  pandan bisa diletakkan di kamar mandi, di mana bau tak sedap kerap muncul. Setidaknya, dengan daun pandan wangi akan menetralisirnya dengan cara berikut ini:

1. Iris tipis 3-5 lembar daun pandan wangi.

2.  Masukkan irisan pandan ke mangkuk atau wadah yang terbuka.

3.  Letakkan wadah di atas kloset, rak, atau ambalan yang ada di area kering.

Wangi pandan akan menyebar di kamar mandi. Untuk kamar mandi kecil, maksimal 5m2, cukup diletakkan satu wadah. Namun jika ruangan cukup luas, letakkan dua atau tiga wadah di tempat-tempat yang berjauhan. Wangi pandan akan bertahan tiga hari sampai seminggu. Gantilah dengan irisan yang baru jika wangi sudah tak tercium lagi.

Daun sirih

Sementar daun sirih bisa digunakan sebagai pengharum. Daun sirih juga mempunyai khasiat untuk mengusir semut. Seperti ini caranya:

1.Letakkan beberapa lembar daunsirih di tempat yang sering dikerubuti semut. Misalnya, area dekan penyimpanan gula atau bumbu dapur lainnya.

2. Biarkan semalam. Semut pun bubar, tak terlihat lagi.

3. Jika sirih layu, Anda dapat menggantinya dengan yang segar.

Sekali lagi, aroma wangi yang diuarkan oleh daun siri ternyata tidak disukai oleh koloni semut. So pasti, dapur menjadi bersih dan tetap wangi. (Anita K Wardhani|tribunnews.com)