Find Us On Social Media :

Tidak Menghapus Video Progpaganda ISIS, Rusia Memblokir Vimeo

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 2 Desember 2014 | 19:00 WIB

Tidak Menghapus Video Progpaganda ISIS, Rusia Memblokir Vimeo

Intisari-Online.com - Karena tidak menghapus video proganda ISIS, Rusia memblokir Vimeo untuk sementara. Roskomnadzor, regulator penyiaran Rusia, memerintahkan penyedia layanan internet untuk melarang akses Vimeo. Larangan itu sejatinya adalah permintaan dari jaksa Rusia setelah situs pemutar video yang berpusat di New York, AS, itu menayangkan video dengan tajuk “Flames of War”.

Video berdurasi 55 menit itu dinarasikan oleh seorang dengan aksen Amerika yang sederhana. Video ini pertama kali dirilis pada September dan langsung dilarang oleh otoritas pemerintah Rusia. Dilansir dari Mashable, Rusia telah memblokir sedikitnya 512 situs, banyak di antaranya adalah situs-situs yang mengandung konten yang dianggap radikal, termasuk revolusi Euromaidan dan konflik di timur Ukraina.

Dilansir dari sumber yang sama, Rusia bukan satu-satunya negara yang memblokir video ISIS, baru-baru ini Kazakhstan juga melakukann hal yang sama saat memblokir video propaganda “Race Towards Good”. Video tersebut secara gamblang menunjukkan seorang bocah Kazakhstan dilatih untuk berperang. Dalam video itu juga diperlihatkan seorang anak Kazakhstan di sebuah sekolah Islami tengah memamerkan kemampuannya dalam merakit senapan otomatis dengan cepat di hadapan teman-teman sekelasnya.

Sampai sekarang, belum ada indikasi sampai kapan Rusia memblokir Vimeo. Berikut video analisis untuk film proganda ISIS yang bertajuk “Flames of War”: