Find Us On Social Media :

Ustaz Ini Beberkan Tarif Nikah Siri Artis dan Pejabat

By Ade Sulaeman, Senin, 8 Desember 2014 | 20:45 WIB

Ustaz Ini Beberkan Tarif Nikah Siri Artis dan Pejabat

Intisari-Online.com - Selama ini kita kerap mendengar adanya artis atau pejabat yang menikah secara siri. Tentunya ada beragam alasan di balik keputusan mereka tersebut. Fakta menariknya adalah, ternyata tarif nikah siri artis dan pejabat berbeda dengan masyarakat pada umumnya.

Temuan ini berawal dari pasangan Romi (29) dan Yuli (25), bukan nama sebenarnya, yang menikah secara siri sekitar 2 tahun lalu. Jalan nikah siri terpaksa diambil pasangan ini karena orangtua masing-masing tidak menyetujui hubungan mereka.

Kepada Romi dan Yuli, sang ustaz merkomendasikan nama ustaz Rahmat yang tinggal di kawasan Ciputat, Kota Tangerang Selatan, yang disebut-sebut biasa menjadi penghulu bagi pasangan yang hendak menikah siri.

Cukup membayar uang jasa sebesar Rp2,5 juta sampai Rp3 juta, pasangan ini dinikahkan oleh ustaz Rahmat yang tinggal di kawasan Ciputat, Kota Tangerang Selatan. Ustaz Rahmat yang disebut-sebut biasa menjadi penghulu bagi pasangan yang hendak menikah siri.

Warta Kota pun coba menghubungi nomor telepon Ustaz Rahmat yang diberikan Romi. Setelah beberapa kali coba menghubungi melalui ponsel, akhirnya suara diujung telepon menyambut. Dia memperkenalkan diri sebagai Ustaz Rahmat.

Ustaz Rahmat tidak spesifik menyebut dirinya sebagai penyedia jasa kawin siri. Namun, dalam konteks yang lebih luas, yakni konsultasi kehidupan rumah tangga.

"Jadi tidak hanya yang mau nikah siri saja. Nikah secara KUA juga saya layani, termasuk konseling untuk memperbaiki kehidupan rumah tangga, mencegah perceraian, dan lain-lain," ucap Ustaz Rahmat kepada Warta Kota, Senin (1/12/2014).

Rahmat mengaku bahwa ia juga menikahkan artis dan pejabat. Namun, ia menolak dengan tegas untuk menyebutkan identitas mereka.

"Pokoknya ada deh. Nggak terkenal, kok," akunya.

Berdasarkan pengakuannya, jumlah pejabat atau artis yang dia nikahkan tak sampai 10 pasangan. Tahun ini saja ia mengaku belum menikahkan artis atau pejabat seorang pun. Terakhir, ia mengawinkan seorang pejabat pemerintahan di lingkungan Provinsi Banten.

Biaya jasa penghulu nikah siri bervariasi. Tergantung siapa yang mau menikah. Tarif untuk orang biasa Rp3 juta komplet, termasuk untuk saksi, wali, dan sertifikat nikah siri. Namun, tarif nikah siri artis dan pejabat dibuat berbeda.

"Biasanya mereka (artis atau pejabat--red) memberi seikhlasnya. Ya, kira-kira Rp10-20 juta," ungkap Rahmat.